KAI Divre IV Tanjungkarang Kembali Berhasil Gagalkan Pencurian Besi Rel

Eva Pardiana - Selasa, 23 November 2021 17:18
KAI Divre IV Tanjungkarang Kembali Berhasil Gagalkan Pencurian Besi RelKaton Wilayah A Divre IV Tanjungkarang berhasil menggagalkan pencurian dan pengerusakan rel R54 yang digunakan untuk ballast stopper di KM 129+6/8 PJ Stasiun Negara Ratu - Stasiun Tulung Buyut. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG – Unit Pam Wilayah B dibantu Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) atau Katon Wilayah A Divre IV Tanjungkarang berhasil menggagalkan pencurian dan pengerusakan rel R54 yang digunakan untuk ballast stopper di KM 129+6/8 PJ Stasiun Negara Ratu - Stasiun Tulung Buyut.

Para pelaku kedapatan menjalankan aksinya pada saat petugas melaksanakan pamtup di KM tersebut. Awalnya, para petugas bergerak dari Stasiun Ketapang menuju lokasi kejadian dan melakukan pengendapan di KM 129+6/8 sekitar pukul 20.00 WIB.

"Dan pada pukul 22.30 WIB tadi malam didapati pelaku pencurian sedang melakukan pengerusakan ballast stopper di KM 129+6/7," terang Yesi Herwansyah, pelapor Polsuska atau Katon B, Selasa (23/11/21) melalui keterangan resminya.

Menurutnya, setelah didapati waktu yang tepat dilakukan penggerebekan dan mengeluarkan tembakan peringatan, namun pelaku berhasil kabur.

"Polsuska atau Katon A mengeluarkan tembakan sebanyak lima kali dan Katon B mengeluarkan tembakan sebanyak enam kali," bebernya.

Yesi menjelaskan pelaku yang berhasil kabur meninggalkan barang bukti berupa satu buah motor Honda Beat biru putih bernomor polisi A 5089 DF dan dua batang rel R54 ukuran 1M.

Kemudian, satu buah bodem ukuran 5 kg, satu buah linggis, sebilah parang, satu buah tang, satu buah gergaji besi dengan dua buah pisau gergaji dan satu pasang sandal jepit.

"Sementara ini barang bukti diamankan di Stasiun Negara Ratu dan akan diserahkan dan dilaporkan ke Polsek Sungkai Utara guna penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

Sebelumnya, sempat dilaporkan pada tanggal 6 November 2021 bahwa di KM 129.130 dan 131 PJ Stasiun Negara Ratu - Stasiun Tulung Buyut telah terjadi pengerusakan dan pencurian rel R45 yang digunakan untuk ballast stopper. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS