Badai PHK, Segini Pegawai Startup yang Jadi Korban 2022

Yunike Purnama - Selasa, 10 Januari 2023 13:01
Badai PHK, Segini Pegawai Startup yang Jadi Korban 2022Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) menghantam banyak perusahaan di berbagai negara pada tahun 2022 lalu. (sumber: Freepik)

BANDAR LAMPUNG - Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) menghantam banyak perusahaan di berbagai negara pada tahun 2022 lalu. Kabarnya pemangkasan jumlah karyawan itu berdampak pada lebih dari 150 ribu orang karyawan.

Data dari layoffs.fyi menyebutkan ada 1.020 perusahaan yang melakukan PHK sepanjang tahun lalu. Sedangkan karyawan yang dirumahkan jumlahnya mencapai 153.937 orang.

Dari data tersebut, bulan November jadi puncak badai PHK tahun lalu. Yakni ada sebanyak 51.808 orang karyawan dipangkas dengan 216 perusahaan yang melakukan efisiensi.

Pada perusahaan teknologi di industri konsumen dan dan retail melakukan PHK pada 19 ribu orang. Untuk bidang transportasi dan finansial masing-masing sebanyak 15 ribu dan 12 ribu orang.

PHK masal itu dialami hampir semua perusahaan dalam berbagai tingkatan. Tak terkecuali adalah berbagai raksasa teknologi global, seperti Meta, Amazon, Cisco, Twitter hingga Salesforce.

Indonesia pun merasakan badai PHK. Sejumlah perusahaan merumahkan ribuan pegawainya tahun lalu.

Misalnya saja GoTo yang merumahkan para pegawainya. Raksasa teknologi itu melakukan PHK pada 1.300 orang atau 12% dari total karyawannya.

Selain itu Ruangguru juga melakukan hal yang sama dan mengumumkan keputusan itu pada 18 November 2022 lalu. Menurut perusahaan, alasan melakukan PHK akibat kondisi pasar global. (*)

Editor: Redaksi
Tags perusahaan start upBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS