Punya Cita-Cita Capai Financial Freedom? Lewati Dulu 3 Level Keuangan Ini

Yunike Purnama - Minggu, 21 Agustus 2022 22:45
Punya Cita-Cita Capai Financial Freedom? Lewati Dulu 3 Level Keuangan IniIlustrasi financial freedom. (sumber: freepik)

BANDAR LAMPUNGBebas secara keuangan atau financial freedom jadi suatu tahap di mana seseorang tetap mendapatkan penghasilan walaupun tidak lagi bekerja. Uangnya didapat dari penghasilan pasif, misalnya keuntungan dari investasi.

Independen secara finansial menjadikan seseorang mandiri dalam memiliki dan menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan juga gaya hidup.

Sebelum mencapai tahap tersebut, literasi keuangan jadi langkah awal agar bisa mencapai financial freedom. Sebab untuk mencapai financial freedom, seseorang harus tahu dulu cara mengelola keuangan dan perencanaan tujuan keuangan agar juga dapat mengambil keputusan dan strategi finansial yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidupnya.

Mencapai finansial freedom memang butuh waktu panjang dan tidak bisa instan. Bahkan perlu melewati beberapa level finansial. Platform investasi daring Bibit ungkap tiga level menuju financial freedom.

1. Financial Literacy

Pada level awal ini, seseorang sudah bisa memahami literasi keuangan seperti pengelolaan keuangan, perencanaan tujuan keuangan, hingga Investasi serta situasi keuangannya sendiri. Memahami itu semua bisa memudahkan seseorang untuk tahu strategi apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Karena setiap orang punya kondisi finansial yang berbeda, sehingga cara mencapai tujuan juga pasti berbeda.

2. Financial Security

Intinya, level financial security ini menunjukkan bahwa kondisi keuangan sudah dalam level aman. Ditandai dengan memiliki dana darurat dan asuransi, sehingga tidak perlu cemas jika keadaan darurat terjadi. Pada level ini juga seseorang sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.

3. Financial Independence

Pada level ini, seseorang sudah memiliki dana yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup. Jadi tidak perlu lagi bergantung pada orang lain untuk mencukupi keperluan finansialnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai financial freedom. Terpenting untuk mencapai kebebasan finansial itu perlu terus memperdalam pengetahuan dalam literasi keuangan dan diterapkan saat pengelolaan finansial.

Membuat anggaran dan daftar pengeluaran rutin juga akan memudahkan untuk paham kondisi keuangan saat ini. Selain itu, menambah penghasilan aktif dan investasi juga bisa jadi langkah maju untuk mendekati level finansial freedom. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Finansial freedom Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS