Pemprov Lampung Dukung Penataan Akses Reforma Agraria

Eva Pardiana - Kamis, 30 Juni 2022 20:11
Pemprov Lampung Dukung Penataan Akses Reforma AgrariaPlh. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fredy (tengah) saat diwawancarai awak media selepas membuka acara Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Lampung 2022 di Hotel Novotel, Kamis, 30 Juni 2022. (sumber: Adpim Pemprov Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh penataan akses reforma agraria untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Hal tersebut disampaikan oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fredy saat mewakili Gubernur Arinal Djunaidi dalam membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Lampung tahun 2022 di Hotel Novotel, Kamis, 30 Juni 2022.

Fredy mengatakan dukungan tersebut bermanfaat agar masyarakat Lampung bukan hanya mendapatkan hak atas tanah, tetapi juga pendampingan dalam mengelola aset tanah.

Menurut Fredy, skema reforma agraria harus ada kesinambungan antara aset dan akses sehingga nilai manfaatnya benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Ini merupakan agenda untuk mewujudkan keadilan dalam penyelesaian ketimpangan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah," ujarnya.

Ia juga berpendapat perlu adanya upaya bersama antara pihak terkait untuk melakukan pemulihan ekonomi masyarakat, khususnya melalui reforma agraria pasca pandemi Covid-19.

"Untuk melaksanakan program reforma agraria, kita sebagai pemegang tanggung jawab pemerintahan wajib saling membantu dan bekerja sama agar dapat mewujudkan program-program yang ada dalam reforma agraria ini," ujarnya.

Fredy juga menegaskan sangat penting bagi dinas terkait secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan permasalahan maupun isu seputar agraria.

Ia berharap dinas terkait lebih tanggap dalam menyikapi, bekerja sama, menyediakan materi ataupun bahan yang diperlukan oleh GTRA Lampung sebagai tempat mewadahi isu terkait pengelolaan agraria di Lampung.

Fredy yakin Pemprov dan BPN Lampung dapat berkolaborasi dan kedepannya akan didapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan cita-cita pemerintah sehingga masyarakat Lampung lebih makmur dan sejahtera.

"Dengan terwujudnya masyarakat yang lebih sejahtera kita sudah mendukung program pemerintah dan khususnya kita sudah berpartisipasi memajukan Provinsi Lampung menuju Rakyat Lampung Berjaya," imbuhnya. (EP)

RELATED NEWS