5 Cara Cerdas Milenial dalam Mengelola Keuangan

Yunike Purnama - Kamis, 30 Juni 2022 07:12
5 Cara Cerdas Milenial dalam Mengelola KeuanganIlustrasi (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Cara cerdas milenial dalam mengelola keungan sangat penting untuk diketahui. Selain dikenal sebagai generasi yang melek teknologi, generasi milenial juga sering dianggap sebagai generasi yang sulit mengatur keuangan.

Bahkan, sebanyak 68 persen generasi milenial mengakui bahwa mereka kesulitan mengatur masalah finansial.

Nah, untuk kamu generasi milenial yang juga merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, kamu bisa coba beberapa tips berikut ini:

Cara Cerdas Milenial dalam Mengelola Keuangan

1. Batas Pengeluaran

Cara cerdas milenial dalam mengelola keuangan yang pertama adalah dengan membatasi pengeluaran. Membatasi di sini bukan berarti pelit, melainkan memiliki prioritas alokasi yang tepat.Prioritaskan kebutuhan pokok, dan hindari berbelanja secara berlebihan.

2. Buat Rencana Keuangan yang Jelas

Memiliki rencana keuangan yang jelas akan membuatmu lebih mudah dalam menentukan rencana finansial. Kamu bisa mencoba membagi proporsi keuangan dengan skema 50:30:20 dari total pemasukan yang kamu dapat setiap bulannya.

50 persen untuk biaya hidup sehari-hari, 30 persen untuk tabungan dan investasi, serta 20 persen untuk kebutuhan konsumtif.

3. Menabung dan Mulailah Berinvestasi

Cara mengelola keuangan bagi kaum milenial selanjutnya adalah dengan menabung dan investasi meski hanya sedikit.

Tak perlu menabung atau investasi dalam porsi besar, kamu bisa menyisihkan 10 persen dari pendapatan setiap bulan untuk ditabung dan diinvestasikan agar uang kita bisa berkembang.

4. Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana simpanan yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat keadaan mendesak merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlupakan dalam mengatur keuangan.

Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, dana darurat biasanya harus dimiliki sebanyak enam kali total pengeluaran dalam satu bulan untuk yang masih single. Sedangkan untuk yang sudah berkeluarga adalah 12 kali total pengeluaran dalam satu bulan.

5. Cari Sumber Pendapatan dari Sumber Lain

Usahakan jangan hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja. Di era serba digital seperti saat ini, banyak kesempatan yang bisa dicoba untuk mendapatkan pemasukan tambahan pendapatan. Diantaranya adalah jualan online, hingga membuat konten sosial.

Nah, itulah cara cerdas milenial dalam mengelola keuangan yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS