Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Bandar Lampung Alami Kenaikan

M. Iqbal Pratama - Rabu, 14 Desember 2022 20:20
Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Bandar Lampung Alami KenaikanIlustrasi kebutuhan bahan pokok. (sumber: Ismail Pohan/Kabar Siger )

BANDAR LAMPUNG - Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Bandar Lampung mengalami kenaikan menjelang libur natal dan tahun baru 2023.

Beberapa kebutuhan pokok seperti telur, beras, daging ayam, cabai, dan bawang merah mengalami peningkatan sejak memasuki awal bulan Desember.

Berdasarkan pantauan dari sistem informasi harga bahan pokok kota Bandar Lampung, saat ini harga telur ayam ras sudah menyentuh harga Rp29.000 perkilogramnya yang sebelumnya sempat dibanderol dengan harga Rp27.000, daging ayam berada dikisaran Rp34.000 per ekor yang sebelumnya Rp30.000 per ekor.

Sedangkan untuk kebutuhan seperti beras kualitas sedang dibanderol dengan harga Rp13.225 per kilo sebelumnya berada di harga Rp12.800 per kilo, cabai rawit lokal senilai Rp55.000 per kilo sebelumnya seharga Rp40.000 per kilo dan bawang merah Rp31.000 per kilo yang sebelumnya sempat berada dikisaran harga Rp25.000 per kilo di awal bulan Desember.

Menanggapi siklus tahunan yang selalu terjadi, kepala dinas ketahanan pangan kota bandar lampung I kadek sumarta mengatakan, mahalnya harga beberapa komoditi seperti telur dikarenakan mahalnya harga pakan, sedangkan untuk harga cabai, karena belum adanya panen raya dari daerah penyangga.

" Mahalnyaa harga komoditas seperti telur itu karena harga buat pakan nya itu mahal, nah kalau cabai itu belum panen dari sananya, "kata I kadek Sumarta, Rabu 14 Desember 2022.

Sementara merespon tingginya harga kebutuhan pokok jelang libur natal dan tahun baru, Kepala Dinas Perdagangan kota Bandar Lampung Wilson Faisol mengatakan, pihaknya sedang melakukan pengkajian terhadap grafik peningkatan harga, untuk menentukan langkah intervensi harga kebutuhan pokok.

"Kita lagi lakukan kajian terhadap peningkatan harga bahan pokok guna intervensi harga kebutuhan pokok," jelasnya

Meskipun beberapa kebutuhan pokok akan terus mengalami peningkatan harga memasuki libur natal dan tahun baru, Dinas Ketahanan Pangan kota Bandar Lampung memastikan stok pangan aman hingga tahun baru 2023 mendatang. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS