Raih 11 Emas, Tim Renang Bandar Lampung Juara Umum Porprov IX

M. Iqbal Pratama - Kamis, 08 Desember 2022 19:50
Raih 11 Emas, Tim Renang Bandar Lampung Juara Umum Porprov IXTim Renang Bandar Lampung berhasil menjadi juara umum pada Porprov Lampung IX 2022. (sumber: Ist)

BANDAR LAMPUNG - Atlet renang Bandar Lampung berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke IX tahun 2022. Tim berkekuatan 20 perenang ini keluar sebagai juara umum cabang olahraga renang, setelah meraih 38 medali.

Bertanding selama tiga hari di Kolam Renang Pahoman, tim renang Bandar Lampung meraih 11 medali emas, 19 medali perak, dan 8 medali perunggu. Tim renang Kota Bandar Lampung berhasil menyisihkan 14 Kabupaten/Kota lainnya. Posisi kedua ditempati Kabupaten Lampung Barat dan peringkat ketiga Kabupaten Pringsewu.

Hasil Juara Umum ini menyamai pencapaian seperti pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke VIII tahun 2017 lalu. " Alhamdulilah, akhirnya atlet renang Bandar Lampung berhasil menjadi juara umum kembali di cabang olahraga renang," tutur Wakil Ketua Pesatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bandar Lampung Musarofah pada Kamis, 8 Desember 2022.

Musarofah melanjutkan keberhasilan meraih juara umum ini patut disyukuri ditengah ketatnya persaingan cabor renang saat ini, meski belum capai target 15 medali pada Porprov IX.

"Persaingan semakin ketat, beberapa kabupaten sekarang sudah memiliki atlet renang yang berprestasi," jelas Eva sapaan akrabnya.

Selanjutnya hasil dalam Porpov ke IX Lampung tahun 2022 ini, akan dipilih atlet dari yang terbaik untuk mewakili Lampung pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera mendatang.

"Kami fokus membina atlet Bandar Lampung terutama yang saat ini berprestasi di ajang Porprov. Jadi kami usahakan sebanyak mungkin atlet berprestasi dari kota Bandar Lampung," ujar Eva lagi.

Pertandingan renang hari terakhir Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung mempertandingkan 14 nomor. Keempat belas nomor itu adalah 800 m gaya bebas putra, 800 m gaya bebas putri, 100 m gaya bebas putra, 100 m gaya bebas putri, 200 m gaya kupu-kupu putra, 200 m gaya kupu-kupu putri, 200 m gaya punggung putra, 200 m gaya punggung putri, 50 m gaya bebas putra, 50 m gaya bebas putri, 50 m gaya dada putra, 50 m gaya dada putri, 4x100 m gaya bebas putra, dan 4 x 100 m gaya bebas putri.

Foto bersama tim Renang Bandar Lampung bersama Wali Kota Eva Dwiana. Foto: Ist

Ketua Binaan Prestasi (Binpres) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Lampung Budi Setiadi menambahkan, "Para atlet ini kedepan dipersiapkan Pelatda jangka panjang, sehingga mereka nantinya diharapkan bisa lolos PON 2024 di Medan dan Aceh. Untuk di Lampung sendiri, pembinaan renang sudah merata hampir diseluruh kabupaten/kota," katanya.

Dengan itu, diharapkan tercipta bibit-bibit atlet berpotensi tinggi bisa meraih medali emas untuk Lampung dalam PON 2024.

"Mudah-mudahan Cabor renang bisa menjadi lumbung emas di PON 2024 untuk Lampung, sehingga bisa membanggakan masyarakat dan mencapai tujuan dari program Lampung berjaya," ujar Budi.

Dari hasil capaian Bandar Lampung berhasil meraih tambahan 4 medali emas, 7 medali perak, dan 3 medali perunggu di hari tersebut. Empat medali emas itu diraih Queentania Dara Chulfikar di nomor 200 m gaya kupu-kupu putri. Medali perak juga diraih perenang Bandar Lampung Nayla Anindya Putri. 

Medali emas kedua dipersembahkan Amira Kayana Putri di nomor 50 m gaya bebas putri. Medali emas ketiga diraih Halimatus'sadiah di nomor 50 m gaya dada putri. Medali emas keempat didapatkan tim estafet 4 x 100 meter gaya bebas yang terdiri dari Halimatus'sadiah, Amira Kayana Putri, Navara Nurul Rasyada, dan Viera Alexander.

Sebelumnya Ketua KONI Bandar Lampung Eva Dwiana bersyukur perenang Bandar Lampung berhasil meraih banyak medali. Eva juga menjanjikan akan memberikan bonus yang bentuknya masih dirahasikan. 

" Ada bonus. Tunggu surprise dari bunda ya untuk semua atlet, official, dan pelatih porprov Bandar Lampung," tutur Wali Kota Bandar Lampung tersebut. (*)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS