Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, Momen Tingkatkan Literasi da Minat Baca

Yunike Purnama - Kamis, 14 September 2023 19:14
Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca, Momen Tingkatkan Literasi da Minat BacaIlustrasi aktivitas membaca anak-anak (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Gubernur Lampung diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Intizam, menghadiri acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2023 sekaligus pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten, bertempat di Gedung Pusiban, Kamis (14/09/2023). 

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia menjelaskan bahwa Hari Kunjung Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995 pada saat pemerintahan Presiden Soeharto. 

Penetapan Hari Kunjung Perpustakaan mempunyai tujuan yang positif bagi gerakan aktivis intelektual di Indonesia, terutama di dalam menyebarkan budaya membaca generasi bangsa Indonesia serta mengoptimalkan peran perpustakaan sebagai ruang pembelajaran dan berkreativitas. 

"Kegiatan ini juga sebagai upaya memotivasi masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan minat baca, khususnya bagi anak-anak kita sekaligus sebagai ajang promosi dalam pengenalan dan pemanfaatan perpustakaan yang sudah bertransformasi sebagai perpustakaan berbasis inklusi sosial," ujar Gubernur 

Sebagian masyarakat belum memiliki minat baca yang baik, rendahnya minat baca berkaitan dengan ketersediaan sumber bahan bacaan serta kemudahan untuk mengaksesnya. Disisi lain, faktor keluarga dan lingkungan memiliki peranan penting dalam menumbuhkembangkan minat baca. 

Gubernur berharap unsur Pemerintah, Swasta, Bunda Literasi Provinsi, Kabupaten/Kota, Lembaga Pendidikan dan masyarakat untuk senantiasa memberikan dukungan guna mewujudkan masyarakat Lampung yang cerdas dan kompeten melalui kebiasaan gemar membaca sehingga dapat tercapai masyarakat Lampung yang cerdas, kreatif dan inovatif. 

Paradigma perpustakaan saat ini harus berubah. Perpustakaan tidak lagi hanya deretan buku tetapi perpustakaan harus dapat mentransfer ilmu pengetahuan. Peran perpustakaan tidak sekadar manajemen koleksi dan ilmu pengetahuan saja. Tetapi bagaimana perpustakaan dapat menjadi agen transfer ilmu pengetahuan untuk masyarakat. Perpustakaan sebagai jantung pendidikan dan jembatan emas masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.  

Untuk pemerataan akses layanan perpustakaan terhadap seluruh masyarakat, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung telah menyediakan koleksi perpustakaan Provinsi Lampung dalam bentuk digital yaitu ePerpus Lampung yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan melalui smartphone, notebook dan lain-lain. 

Tahun ini, Perpustakaan Nasional mengusung tagline “Transformasi Perpustakaan Meningkatkan Literasi di Era Digital”. Dimana paradigma perpustakaan berubah yakni fokus pada _transfer of knowledge_ dengan prinsip perpustakaan menjangkau masyarakat. 

Dalam pengembangan dan pembinaan kegemaran membaca, perpustakaan menjalankan program terkait pengembangan budaya literasi, salah satunya inovasi layanan 
Perpustakaan Nasional melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam mendidik pelaku kewirausahaan bagi masyarakat termarjinalkan. 

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2023 ini juga sekaligus mengukuhkan Bunda Literasi Kabupaten, diantaranya Kabupaten Tulang Bawang Herlina Qudratul, Kabupaten Tulang Bawang Barat Hanita Farial serta Kabupaten Lampung Barat Zelda Naturi Nukman. 

Pada kesempatan yang sama, Bunda Literasi Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal mengucapkan selamat kepada Bunda Literasi yang baru saja dikukuhkan.

"Saya harap segera menyesuaikan dan mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan program literasi di masing-masing kabupaten yang sebelumnya sudah berjalan," ujar Riana Sari Arinal.

Riana Sari Arinal berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk mengajak masyarakat mengunjungi perpustakaan dan meningkatkan literasi serta mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan dengan membaca. 

Hal ini dikarenakan dengan membaca merupakan dasar dari Literasi yang dapat meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, membuka diri terhadap ide dan informasi baru, serta dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan optimal. 

"Marilah kita melangkah bersama seiring sejalan, satu arah, dan satu tujuan untuk mewujudkan Lampung Berjaya menuju Indonesia Maju," pungkas Riana 

Di sela acara juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang telah dilaksanakan pada Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2023 oleh Dinas Perpustakaan & Kearsipan Provinsi Lampung. 

Berikut daftar pemenang lomba : 

Juara I Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMA se-Provinsi Lampung Tahun 2023 - Andita Eka Fitriyani - SMK Negeri 1 Bakauheni, dengan judul cerita pendek "Dari Atas Kursi Roda" 

Juara I Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA terbaik tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 - SMA N 1 Bandar Lampung.

Juara I Lomba Pidato Bahasa Lampung Tingkat SMP se-Provinsi Lampung Tahun 2023 - Johara Widia Anarta - SMP Negeri 1 Baradatu.

Juara I Lomba Menggambar Tingkat Sekolah Dasar se-Provinsi Lampung Tahun 2023 - Gabriel Revan Ardian - SD Fransiskus Pringsewu. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS