Vale Siapkan Kocek Rp138 Triliun untuk Garap 3 Smelter Nikel

Yunike Purnama - Kamis, 14 September 2023 19:02
Vale Siapkan Kocek Rp138 Triliun untuk Garap 3 Smelter NikelPT Vale Indonesia Tbk (INCO) mengaku telah menyiapkan investasi sekitar US$9 miliar atau setara dengan Rp138,24 triliun. (sumber: Ist)

JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mengaku telah menyiapkan investasi sekitar US$9 miliar atau setara dengan Rp138,24 triliun. Hal ini akan dipersiapkan untuk pengembangan proyek smelter nikel yaitu Sorowako, Bahodopi, dan Pomalaa.

Wakil Presiden Direktur INCO Adriansyah Chaniago mengatakan, perseroan diakui telah mendapat perizinan yang cukup progresif dari pemerintah untuk menopang kemajuan ketiga proyek tersebut. 

"Total semua 3 proyek itu akan sekitar US$9 miliar," katanya saat ditemui di Jakarta pada Rabu, 13 September 2023.

Untuk progres proyek Bahodopi telah menyelesaikan 80% perizinan dan Pomalaa telah mendapat sekitar 50% dari perizinan yang diperlukan untuk mengesekusi komitmen investasi tersebut.

Komitmen Investasi yang disebut diakui telah disetujui oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif termasuk rencana Rencana Pengembangan Seluruh Wilayah (RPSW) pada 10 April 2023 lalu.

Langkah selanjutnya seusai disetujui ialah INCO telah mengajukan permohonan konversi kontrak karya menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK) ke Kementerian ESDM pada 17 April 2023.

Proyek Blok Pomalaa telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional dengan menggunakan teknologi High-Pressure Acid Leach (HPAL) Huayou untuk menghasilkan hingga 120.000 ton nikel per tahun.

Selain itu, proyek Sorowako ditargetkan dapat membangun pabrik HPAL dengan kapasitas produksi MHP sekitar 60.000 ton, yang berasal dari Sorowako-Malili dan Sorowako Outer Area (SOA). Sementara itu, fasilitas pemurnian di proyek Bahodopi ditargetkan dapat memproduksi sekitar 73.000 nikel per tahun. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS