Grup MNC Tutup Hak Siar MNCTV dan iNews dari Platform Streaming Pihak Ketiga

Eva Pardiana - Selasa, 21 Desember 2021 20:28
Grup MNC Tutup Hak Siar MNCTV dan iNews dari Platform Streaming Pihak Ketiga Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (sumber: Mediacom.co.id)

JAKARTA – Emiten media PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) kembali melakukan penutupan hak siar dua saluran free-to-air (FTA) milik perseroan, yakni MNCTV dan iNews dari platform streaming pihak ketiga, efektif terhitung sejak 18 Desember 2021. 

Dengan begitu, perseroan telah resmi menutup hak siar keempat stasiun televisinya setelah sebelumnya dilakukan pencabutan hak siar RCTI dan GTV. 

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo menyatakan bahwa 4 TV FTA itu sekarang hanya tersedia secara eksklusif di platform OTT RCTI+ dan Vision+.

Menurut Hary, langkah strategis tersebut akan mendukung fokus perseroan untuk memperkuat pemirsa digital dan memastikan akses yang lebih besar serta menyeluruh ke berbagai konten terbaik yang disukai para pemirsa.

“Sejalan dengan pengumuman kami mengenai konsolidasi media digital milik Grup, langkah ini juga akan memungkinkan kami untuk membangun pemahaman yang lebih baik mengenai pemirsa kami dan disertai dengan pertumbuhan pesat yang berkelanjutan bagi platform digital kami sendiri ke depan,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa, 21 Desember 2021.

MNCTV melayani berbagai segmen demografis dengan menayangkan drama keluarga, animasi, program olahraga, dan variety show. Sejauh ini, rata-rata pangsa pemirsa MNCTV di slot all time telah mencapai 10,6%, dengan pangsa pemirsa di slot prime-time sebesar 8,9%.

Hary menyebut, MNCTV telah menjadi salah satu stasiun FTA Indonesia yang mengalami laju pertumbuhan terpesat yang didukung oleh jajaran konten in-house yang sangat bagus, baik program reguler maupun program spesial.

Sementara itu, iNews merupakan salah satu stasiun TV berita di Indonesia. Untuk meningkatkan viewership, iNews secara bersamaan menayangkan program beritanya di saluran hiburan TV FTA milik MNCN, yaitu RCTI, MNCTV dan GTV. 

iNews dinilai sebagai satu-satunya TV berita yang menjangkau pemirsa di platform TV lainnya. Sampai saat ini, pangsa pemirsa iNews mencapai 1,6% selama slot all time dan 1,5% pada slot prime-time. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Drean Muhyil Ihsan pada 21 Dec 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS