Jadi Salah Satu Lokasi Muktamar Ke-34 NU, Unila Siap 100%

Eva Pardiana - Senin, 20 Desember 2021 20:37
Jadi Salah Satu Lokasi Muktamar Ke-34 NU, Unila Siap 100%Salah satu panitia Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) saat melakukan pemindaian barcode menggunakan aplikasi PeduliLindungi di lokasi registrasi, GSG Universitas Lampung, Bandarlampung, Senin (20/12/2021) (sumber: Kabar Siger/Eva Pardiana)

BANDARLAMPUNG – Universitas Lampung (Unila) menjadi salah satu dari empat lokasi dilaksanakannya Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Provinsi Lampung. Terkait hal tersebut, Unila menyatakan siap menyukseskan hajatan besar tersebut dengan prosedur  pencegahan penularan Covid-19 yang ketat.

"Secara teknis Unila 100% siap. Unila sebagai salah satu lokasi dari empat lokasi Muktamar Insyaallah siap semua," ujar Panitia lokal yang juga juru bicara Unila, Nanang Trenggono pada konferensi pers di Perpustakaan Unila, Senin (20/12/2021).

Hari ini telah dilaksanakan agenda pertama yakni registrasi panitia sebanyak 625 orang. Besok (20/12/2021) akan dilanjutkan dengan registrasi sekitar 1.200 peserta dari total 2.000-an. Sementara, pembukaan Muktamar NU akan dilaksanakan pada Rabu (22/12/2021) di Ponpes Darussa’adah, Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Nanang menjelaskan Unila menjadi lokasi dua sidang komisi dari lima sidang komisi yang akan dilakukan. Tiga sidang dilaksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Radin Intan dan satu sidang di Universitas Malahayati.

"Setelah sidang komisi yang kecil-kecil, peserta berkumpul ke GSG (gedung serba guna) dalam kegiatan sidang pleno 3, penetapan hasil dari sidang-sidang komisi. Kemudian baru sidang 4 dan setelah itu pemilihan ketua umum," paparnya.

Konferensi pers persiapan Muktamar ke-34 NU di Perpustakaan Unila, Senin (20/12/2021). | Kabar Siger/Eva Pardiana

Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unila Budi Sutomo menambahkan pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Provinsi Lampung dan Kota Bandarlampung untuk penerapan protokol kesehatan di lapangan. Di lokasi telah disiapkan 5.000 antigen dan juga ribuan dosis vaksin bagi yang belum divaksinasi.

Sebagian peserta dari berbagai daerah di Lampung dan juga luar Lampung mulai berdatangan ke Bandarlampung untuk mengikuti pembukaan Muktamar di Ponpes Darussa'adah. Sebelumnya, peserta wajib melakukan rapid test antigen dan pemeriksaan vaksin.

"Kami sudah siapkan 5.000 untuk antigen, dan sejumlah dosis vaksin bagi yang belum divaksin," kata Budi.

Koordinator Divisi Media Center Muktamar NU Hariadi Ahmad mengatakan pembukaan Muktamar NU akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Untuk itu, diterapkan protokol yang sangat ketat. Termasuk dilakukan uji lab terlebih dahulu pada makanan yang akan dimakan presiden dan wakil presiden.

“Untuk pemberitaan khusus di pembukaan di Darus Sa’adah, kita tidak diberi izin memasuki ruang pembukaan. Jadi, media elektronik disepakati untuk mengambil data dari NU TV, diperbolehkan mengambil video maupun audio. Untuk media cetak kebutuhan berita dan foto akan disuplai oleh NU online atau website NU baik pusat maupun provinsi,” ujar Hariadi.

Adapun Rangkaian Kegiatan Muktamar ke-34 NU di Provinsi Lampung, sebagai berikut:

Senin (20/12/2021)

  • Registrasi Panitia

Selasa (21/12/2021)

  • Registrasi Peserta

Rabu (22/12/2021)

  • Pembukaan Muktamar NU
  • Sidang Pleno I : Pembahasan dan Pengesahan Tatib Muktamar ke-34 NU.
  • Sidang Pleno II : Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) PBNU Masa Khidmat 2016- 2021, Pandangan Umum atas LPJ PBNU, Serta Jawaban atas Pandangan Umum LPJ PBNU di UIN Raden Intan.

Kamis (23/12/2021)

  • Sidang-Sidang Komisi
  • Sidang Pleno III: Pengesahan Hasil Sidang-Sidang Komisi
  • Sidang Pleno IV: Penghitungan dan Penetapan AHWA yang diselenggarakan di Unila.
  • Sidang Lanjutan Pleno IV – Musyawarah AHWA menunjuk Rois ‘Aam NU – Pengesahan Rois ‘Aam Terpilih.
  • Sidang Pleno V: Pemilihan Ketua Umum PBNU – Pengesahan Ketua Umum PBNU Terpilih di Ponpes Darussa’adah.

Jumat (24/12/2021)

  • Penutupan
Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS