Asuransi Astra Sabet Dua Penghargaan Penganugerahan Top CSR Awards 2022

Yunike Purnama - Jumat, 20 Mei 2022 13:29
Asuransi Astra Sabet Dua Penghargaan Penganugerahan Top CSR Awards 2022Kiprahnya dalam program corporate social responsibility (CSR) mendapat apresiasi dari Top Business dalam ajang Top CSR Awards 2022 dengan dua penghargaan sekaligus. (sumber: Tangkapan layar)

JAKARTA - Asuransi Astra berkomitmen untuk selalu berikan rasa peace of mind kepada jutaan pelanggannya hingga kepada masyarakat sekitar. Sehingga selain meningkatkan pelayanan dan inovasi pada produknya, Asuransi Astra juga rutin melakukan kegiatan sosial berkelanjutan sebagai wujud nyata tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat.

Dibuktikan, kiprahnya dalam program corporate social responsibility (CSR) mendapat apresiasi dari Top Business dalam ajang Top CSR Awards 2022 dengan dua penghargaan sekaligus, yaitu menjadi salah satu pemenang dalam Top CSR Awards kategori General Insurance untuk program Aksi Muda Indonesia dan menjadi salah satu pemenang juga dalam Top Leader in CSR Commitment kategori General Insurance yang ditujukan kepada CEO Asuransi Astra, Rudy Chen.

 Top CSR Awards 2022 ini diberikan kepada perusahaan terkemuka dari berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia yang memenuhi kriteria penilaian. Berdasarkan penilaiannya, CSR Asuransi Astra berada di level sangat baik terkait keselarasan CSR dengan strategi bisnis perusahaan, inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan ISO 26000 SR, serta mendukung strategi bisnis perusahaan baik dimasa pandemi Covid-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan ke depan. 

Harapannya dengan adanya penghargaan ini, berbagai perusahaan lainnya juga dapat mengembangkan program CSR masing-masing agar dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara maksimal.

Untuk penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2022 diberikan kepada Busines Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. Karena Top Business menilai sistem kebijakan, tata kelola, dan keberhasilan CSR di perusahaan akan sulit dijalankan secara efektif apabila pemimpin perusahaan tersebut tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemahaman dan kepedulian serta tanggung jawab perusahaan secara sosial yang berkelanjutan.

Dalam hal ini Rudy Chen selaku CEO Asuransi Astra dinilai mumpuni sebagai pemimpin perusahaan yang menyelaraskan strategi bisnis beserta tanggung jawab sosialnya yang dapat memberikan dampak pada masyarakat.

Asuransi Astra memulai program kegiatan sosial berskala nasional pada tahun 2017 melalui program #BerkahSenyum dengan berbagi kebahagiaan melalui kunjungan dan penyaluran bantuan bagi lebih dari 5.000 manula yang tersebar di 68 panti wreda di 23 kota seluruh Indonesia.

Selanjutnya #PijarIlmu yang diselenggarakan dua tahun berturut-turut dihadirkan untuk memajukan kualitas pendidikan di Indonesia, tahun 2018 Asuransi Astra merevitalisasi 50 perpustakaan dan taman baca di 24 kota di Indonesia serta di tahun 2019 Asuransi Astra merevitalisasi 25 PAUD serta memberikan mobil operasional dan membangun kembali PAUD Hati Nurani di Desa Watu Kawula, Sumba Barat Daya. Tahun 2020 di saat pandemi mulai melanda, Asuransi Astra sigap memberikan bantuan melalui program #MaskerTemanTuli. 

Di saat semua terfokus untuk melindungi diri, nyatanya terdapat teman tuli yang kesulitan berkomunikasi karena penggunaan masker. Asuransi Astra memberikan ribuan masker ramah Tuli untuk memudahkan teman Tuli dalam berkomunikasi serta beasiswa sekolah selama satu tahun kepada seluruh siswa di SLB B Sana Dharma Jakarta Selatan.

Tak berhenti sampai di situ, menginjak usianya yang ke 65 tahun, Asuransi Astra tidak ingin berjalan sendiri dalam memberikan peace of mind. Tahun 2021 Asuransi Astra mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk turut andil dalam menciptakan dampak sosial berkelanjutan kepada sekitar melalui #AksiMudaIndonesia. Mewujudkan pendidikan berkualitas, penanganan perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, serta kehidupan yang sehat dan sejahtera adalah mimpi Asuransi Astra dan para finalis #AksiMudaIndonesia dalam mengantarkan Indonesia ke dalam kondisi yang lebih baik lagi.

Adapun selama program ini selain mahasiswa diberikan pembekalan dana untuk merealisasikan masing-masing ide kreatifnya, Asuransi Astra juga menghadirkan mentor yang mendampingi para finalis agar masing-masing program dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat secara efektif dan optimal.

65 tahun sudah Asuransi Astra berkiprah di industri asuransi umum Indonesia berarti 65 tahun juga kami menjalankan komitmen kami untuk memberikan peace of mind.

Dalam menjalankan program CSR ini kami berdasarkan pada 4 pilar, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan juga income generating activity di mana semua itu juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diinisiasi oleh United Nations. Oleh karenanya kami mengucapkan terima kasih untuk apresiasi yang diberikan atas upaya kami ini.

"Tentu dalam menjalankan program tanggung jawab perusahaan ini tujuan kami adalah memberikan kebermanfaatan yang lebih lagi bagi masyarakat. Karena kami bisa sampai sejauh ini pun tidak terlepas dari dukungan yang luar biasa dari para pelanggan kami dan juga masyarakat Indonesia tentunya,” tutup Rudy Chen selaku CEO Asuransi Astra.(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Top CSR Award 2022Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS