309 Calon PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Ikuti CAT Tahap Pertama

M. Iqbal Pratama - Kamis, 26 Januari 2023 14:32
309 Calon PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi Ikuti CAT Tahap PertamaSebanyak 309 Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi ikuti Seleksi Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger )

BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 309 Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi ikuti Seleksi Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama.

Pelaksanaan seleksi PPIH ini secara serentak nasional, untuk Provinsi Lampung sendiri pelaksanaan berada di 16 titik lokasi, baik yang ada di Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dan 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

"Hari ini kita secara nasional sedang melaksanakan rekrutmen, petugas haji baik PPIH kloter dan PPIH Arab Saudi. Yang harusnya dilaksanakan tanggal 17 Januari 2023, tetapi diundur sampai  25 Januari 2023," kata Kabid Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Lampung, Ansori F Citra saat ditemui pada Rabu, 25 Januari 2023.

Ia menjelaskan Provinsi Lampung akan menjaring hanya 47 Orang untuk PPIH kloter dan PPIH Arab Saudi.

Hal itu berdasarkan asumsi Provinsi Lampung haji tahun 2023 ini 18 kloter, lalu masing-masing kloter dibutuhkan dua orang yakni ketua kloter dan pembimbing ibadah.

"Jadi yang diambil 36 orang, ditambah PPIH Arab Saudi 11, jadi totalnya 47," jelasnya.

Dari tahap pertama ini, Ansori menjelaskan akan menjaring peserta sampai 72 untuk PPIH Kloter dan 22 untuk PPIH Arab Saudi untuk masuk ke tahap kedua.

"Selanjutnya nanti akan dijaring menjadi 36 orang, dan 11 untuk PPIH Arab Saudi," terangnya.

Ia menjelaskan dari 16 lokasi ujian peserta terbanyak berada di Kota Bandar Lampung, dan paling sedikit berada di Kabupaten Mesuji.

"Untuk peserta yang terbanyak dalam satu ruangan di Kota Bandar Lampung ada 62 orang, dan paling sedikit di Mesuji empat orang," pungkasnya. (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS