Universitas Aisyah Pringsewu dan Poltekkes Kesuma Bangsa Kerja Sama Fokus Peningkatan Teknologi dan SDM

Yunike Purnama - Jumat, 20 Januari 2023 13:31
Universitas Aisyah Pringsewu dan Poltekkes Kesuma Bangsa Kerja Sama Fokus Peningkatan Teknologi dan SDMPoltekkes Kesuma Bangsa menjalin kerjasama dengan Universitas Aisyah Pringsewu pada Jumat, 20 Januari 2023. (sumber: Humas Poltekkes Kesuma Bangsa)

BANDAR LAMPUNG - Dalam proses penyelenggaraan perguruan tinggi tidak terlepas dari pengembangan bidang tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan tridharma tidak bisa berjalan secara mandiri, namun perlu adanya kolaborasi antar perguruan tinggi.

Dalam realisasinya, Poltekkes Kesuma Bangsa menjalin kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi D-IV Manajemen Informasi Kesehatan dengan Prodi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kesuma Bangsa, M. Yusuf Kohar, S.E., M.M menyampaikan rasa terima kasih kepada Universitas Aisyah Pringsewu sudah berkerja sama dengan Poltekkes Kesuma Bangsa.

Karena sebagai perguruan tinggi yang mengikuti perkembangan jaman, perlu adanya peningkatan teknologi dan ditambah kewajiban dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa dan dosen.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama ini, kedepan pasti akan banyak manfaatnya bagi kedua pihak dan terutama dalam pengembangan bidang teknologi. Selain itu kita juga bisa kolaborasi dalam bidang penelitian hingga pada pengabdian kepada masyarakat,” ucap Yusuf Kohar.

Lebih lanjut, Direktur Poltekkes Kesuma Bangsa menyampaikan bahwa kebidangan rekam medis saat ini sangat kental dengan perkembangan teknologi, sehingga dia menekankan agar kampus ini dapat mengikuti perkembangan teknologi rekam medis agar menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang rekam medis elektronik.

“Pada saat ini pengembangan teknologi pada bidang rekam medis menjadi tujuan utama kami melaksanakan kerjasama guna menciptakan lulusan yang mengenal rekam medis elektronik,” tuturnya.

Rektor UAP, Wisnu Probo Wijayanto, S.Kep., Ners., MAN, menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan untuk berkolaborasi secara nyata bukan sekedar kegiatan administratif semata. Dia menambahkan bahwa berdasarkan informasi Lembaga Layanan Pendidikan (L2Dikti) Wilayah II Palembang, perguruan tinggi swasta saat ini merupakan salah satu penggerak pendidikan tinggi di Indonesia.

“Terima kasih atas sambutannya, kita menyadari bahwa perlunya kolaborasi antar perguruan tinggi, namun harapan kami kerjasama ini bukan hanya sekedar penandatangan saja tapi adanya implementasi nyata, karena kita tahu bahwa perguruan tinggi swasta adalah salah satu penggerak pendidikan tinggi di Indonesia,” katanya.

Rektor UAP menambahkan, dengan kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan kolaborasi penelitian yang bermanfat.

“Selain dari kebutuhan pihak Poltekkes Kesuma Bangsa atas bidang teknologi dari Universitas kami, kedepan pasti ada bagian dari kami yang akan dibutuhkan dari pihak Poltekkes Kesuma Bangsa, bisa melalui kolaborasi penelitian bisa juga yang lainnya,” tutupnya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS