10 Pekerjaan yang Bakal Jadi Favorit di 2023, Tertarik Pindah Profesi?

Yunike Purnama - Minggu, 01 Januari 2023 05:47
10 Pekerjaan yang Bakal Jadi Favorit di 2023, Tertarik Pindah Profesi?Ilustrasi (sumber: Freepik )

BANDAR LAMPUNG - Menilik tren pekerjaan apa yang bakal diminati banyak perusahaan di 2023 bagus untukmu untuk mengambil keputusan. Keputusan untuk mencari pekerjaan lebih baik di Tahun Kelinci Air.

Berikut adalah pekerjaan paling laris di 2023 melansir dari situs pembelajaran dan kelas bisnis online, Emeritus, Minggu, 1 Januari 2023:

1. Data Scientist

Pekerjaan data scientist akan terus mendominasi di 2023. Dengan rata-rata gaji USD101.736 atau Rp1,59 miliar per tahun, pekerjaan ini membutuhkan keahlian, seperti analisis dan pemodelan data, matematika dan statistik.

Selain itu, keahlian visualisasi data dan keterampilan presentasi, serta pengetahuan dasar tentang pengkodean Java atau Python adalah keuntungan tambahan.

2. Machine Learning Engineer

Menurut LinkedIn, jumlah insinyur pembelajaran mesin atau machine learning engineer yang dipekerjakan meningkat sebesar 32% antara 2019 dan 2020.

Permintaan insinyur pembelajaran mesin terus meningkat karena semakin banyak perusahaan menggunakan pembelajaran mesin sebagai cara untuk melindungi bisnis mereka dari gangguan di masa depan.

Rata-rata gaji pekerjaan ini USD124.059 atau Rp1,94 miliar per tahun. Keahlian yang dibutuhkan, antara lain statistik dan probabilitas, pemodelan data, bahasa pemrograman seperti Python, C++, serta algoritma kecerdasan buatan.

3. Perawat

Menurut Business Insider, keperawatan akan menjadi pekerjaan paling populer di 2023. Yang dicari tentunya perawat bersertifikasi.

Rata-rata gaji perawat USD122.744 atau Rp1,91 miliar per tahun. Membutuhkan keahlian, di antaranya kemampuan berkomunikasi dengan pasien, penilaian dan diagnosis yang sempurna.

Di samping itu, kemampuan mendidik pasien, kemampuan untuk mengubah penelitian medis menjadi praktik, dan seluruh pengetahuan umum tentang praktik medis terbaru.

4. Analis Pemasaran

Analis pemasaran perlu menganalisis segmen pasar atau kumpulan data kampanye untuk menghasilkan wawasan yang berguna. Ini membutuhkan pengetahuan ilmiah dan ketajaman bisnis.

Rata-rata gaji analis pemasaran USD76.470 atau Rp1,19 miliar per tahun. Keahlian yang diperlukan, antara lain keterampilan analisis data tingkat lanjut, kemampuan untuk membangun model atribusi.

Keahlian lainnya, yaitu pengetahuan tentang merancang percobaan, elaporan data berupa dashboard atau laporan, serta keahlian untuk memperkirakan tren menggunakan data.

5. Keamanan Jaringan atau Network Security

Profesional network security diperlukan untuk melindungi tidak hanya data internal perusahaan, tetapi juga data pelanggan dan mitra dari kejahatan dunia maya. Rata-rata gaji pekerjaan ini USD103,518 atau Rp1,61 miliar per tahun.

Butuh keahlian, seperti kemampuan untuk mencegah pelanggaran keamanan, memiliki pola pikir seorang hacker etis, keterampilan teknis dan sertifikasi, perspektif untuk memahami gambaran yang lebih besar dari etika data.

6. Manajer Proyek

Kebutuhan untuk pekerjaan sebagai manajer proyek diprediksi akan meningkat di tahun depan. Rata-rata gaji pekerjaan ini sebesar USD81.121 atau Rp1,26 miliar per tahun.

Keahlian yang dibutuhkan, strategi, manajemen waktu. manajemen orang, kepemimpinan, emampuan komunikasi yang baik, dan keterampilan Ms Excel memadai.

7.Human Resources atau HR

HR telah menjadi bagian integral dari setiap organisasi sejak akhir 1960-an. Namun, ini adalah area yang mengalami pertumbuhan dan perubahan signifikan selama pandemi.

Pekerjaan jarak jauh, model hybrid, dan apa yang disebut (gig economy) telah sepenuhnya mengubah sifat pekerjaan SDM. Gaji rata-rata HR USD70.838 atau Rp1,1 miliar per tahun.

Keahlian yang dibutuhkan, yaitu keterampilan komunikasi terbaik, kemampuan memecahkan masalah, keterampilan organisasi yang sangat baik, strategis dan orientasi tim.

8. Digital Marketer atau Pemasaran Digital

Pemasaran digital baru saja dimulai. Oleh karena itu, ini menarik kaum muda yang memiliki potensi untuk belajar dan berkembang.

Rata-rata gaji pekerjaan ini USD60.267 atau Rp940,16 juta per tahun. Keahlian yang diperlukan, pengambilan keputusan berdasarkan data, kemampuan untuk menarik wawasan dari data, pemahaman menyeluruh tentang SEO,
keterampilan penganggaran yang baik.

9. Manajer Keuangan

Pentingnya kegiatan pengelolaan keuangan semakin meningkat. Seorang manajer keuangan harus mampu mengelola portofolio investasi perusahaan dan menciptakan kekayaan bagi perusahaan melalui investasi yang cermat dan terencana.

Rata-rata gaji pekerjaan ini USD103,064 atau Rp1,61 miliar per tahun. Keahlian yang dicari, antara lain ketajaman bisnis yang luar biasa, keterampilan komunikasi dan presentasi, kecakapan untuk menghitung angka dengan cepat, serta kemampuan untuk melakukan manajemen risiko.

10. Koreografer atau Penari

Permintaan penari dan koreografer meroket dalam beberapa tahun terakhir, karena popularitas video tarian viral di TikTok dan diperkirakan masih akan digandrungi di 2023.

Penari dan koreografer membantu klien membuat postingan media sosial dan tampil di panggung dan film, serta berpartisipasi dalam acara kecil, seperti pernikahan dan perayaan keluarga lainnya. Rata-rata gaji untuk pekerjaan ini USD19,47 atau Rp303.732 per jam. (*)

Editor: Redaksi
Tags Tren Pekerjaan Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS