Berikut 7 Tradisi Unik Malam Tahun Baru dari Berbagai Negara

Yunike Purnama - Sabtu, 31 Desember 2022 19:04
Berikut 7 Tradisi Unik Malam Tahun Baru dari Berbagai NegaraIlustrasi (sumber: Freepik )

BANDAR LAMPUNG - Malam tahun baru atau pergantian tahun memang selalu dinanti-nanti dan dirayakan secara meriah oleh banyak orang. 

Selain itu, ada banyak tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia untuk merayakan malam tahun baru.

Berikut beberapa tradisi unik malam tahun baru dari berbagai negara yang perlu Anda ketahui.

1. Spanyol

Di Spanyol, penduduk setempat akan makan tepat 12 buah anggur pada tengah malam untuk menghormati tradisi yang dimulai pada akhir abad ke-19. Orang Spanyol menikmati satu buah anggur untuk masing-masing dari 12 lonceng pertama setelah tengah malam dengan harapan akan membawa keberuntungan dan kemakmuran selama satu tahun.

2. Skotlandia

Di Skotlandia, hari sebelum 1 Januari begitu penting bahkan memiliki nama resmi yaitu Hogmanay. Pada hari tersebut, orang Skotlandia memiliki tradisi pijakan pertama. Menurut kepercayaan mereka, orang pertama yang melewati ambang pintu rumah setelah tengah malam pada Hari Tahun Baru harus pria berambut hitam jika ingin mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

3. Belanda

Orang Belanda akan mengonsumsi oliebollen pada malam tahun baru. Alasan di balik tradisi Malam Tahun Baru orang-orang Belanda ini sedikit aneh. Suku-suku Jermanik kuno diketahui akan memakan potongan-potongan adonan goreng ini selama Yule sehingga ketika dewi Jermanik Perchta, atau lebih dikenal sebagai Perchta the Belly Slitter, mencoba membelah perut mereka dan mengisinya dengan sampah (hukuman bagi mereka yang tidak cukup ikut serta dalam keceriaan masa Natal), lemak dari adonan akan menyebabkan pedangnya langsung meluncur.

4. Brazil

Jika Anda kebetulan sedang berada di Brazil saat malam tahun baru, jangan kaget jika melihat lautan yang dipenuhi bunga putih dan lilin. Negara yang ada di Amerika Selatan sering turun ke pantai pada malam tahun baru untuk memberikan persembahan kepada Yemoja, dewa air yang dikatakan dapat mengendalikan laut untuk mendapatkan berkah untuk tahun yang akan datang.

5. Yunani

Orang Yunani memiliki tradisi malam tahun baru yaitu dengan menggantung bawang. Tradisi malam tahun baru khas Yunani ini tidak ada hubungannya dengan vampir. Hal ini karena orang Yunani percaya bahwa bawang merupakan simbol kelahiran kembali, sehingga mereka menggantungkan sayuran pedas di pintu untuk mendorong pertumbuhan atau keberuntungan sepanjang tahun baru.

6. Jepang

Dalam budaya Jepang, masyarakat di sana memiliki kebiasaan untuk menyambut tahun baru dengan semangkuk mi soba dalam ritual yang disebut toshikoshi soba. Meski tidak ada yang yakin sepenuhnya dari mana toshikoshi soba pertama kali berasal, diyakini bentuk soba yang tipis dan panjang ini menandakan umur panjang dan sehat.

7. Turki

Masyarakat Turki memiliki tradisi menaburkan garam di depan pintu. Hal ini dianggap sebagai keberuntungan segera setelah jam menunjukkan tengah malam pada Tahun Baru. Seperti banyak tradisi malam tahun baru lainnya di seluruh dunia, tradisi yang satu ini disebut mempromosikan perdamaian dan kemakmuran sepanjang tahun baru. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS