Survei: Tanpa Messi, 89,5 Persen Fans Bola Masih Antusias Nonton Indonesia Vs Argentina

2023-06-15T14:08:07.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Kabar batalnya Lionel Messi tampil di laga Timnas Argentina melawan Indonesia sempat membuat gempar linimasa.
Kabar batalnya Lionel Messi tampil di laga Timnas Argentina melawan Indonesia sempat membuat gempar linimasa.

JAKARTA—Kabar batalnya Lionel Messi tampil di laga Timnas Argentina melawan Indonesia sempat membuat gempar linimasa. Sejumlah warga yang telah membeli tiket pertandingan disebut kecewa apabila Messi gagal bermain di Jakarta. 

Beberapa pembeli tiket bahkan meminta refund apabila tak bisa menonton aksi sang idola di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin 19 Juni 2023. Saat ini kolom komentar di Instagram Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun mulai dipenuhi kekecewaan warganet jika Messi gagal merumput di Jakarta. 

Meski demikian, hasil survei Kurious Indonesia ternyata menggambarkan sebaliknya. Mayoritas penggemar setia Timnas disebut tak terlalu mempermasalahkan ketidakhadiran Lionel Messi. 

Platform survei berbasis komunitas online yang dikembangkan Katadata Insight Center itu mencatat sebanyak 89,5 responden masih tertarik nonton Timnas Argentina, dikutip dari pssi.org, Rabu 14 Juni 2023.

Rinciannya, sebanyak 70 persen responden mengaku masih tertarik, dan 19,5 persen responden sangat tertarik menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina tanpa kehadiran Messi. Hanya 10,5 persen publik yang tak tertarik lagi menyaksikan Indonesia Vs Argentina apabila Messi tak bermain di laga tersebut. 

Rinciannya, sebanyak 9,2 persen responden mengatakan tidak tertarik, dan 1,3 persen responden mengaku sangat tidak tertarik untuk menonton. Antusiasme tersebut diprediksi tak lepas dari Timnas Argentina yang bertabur bintang. Tak hanya Messi, Albiceleste memiliki pemain sekelas Angel Di Maria, Leandro Paredes, Rodrigo De Paul hingga Nicolas Otamendi.

Penggemar Liga Premier Inggris juga masih bisa menyaksikan para idolanya. Gelandang Alexis Mac Allister yang notabene salah satu kunci Argentina meraih Piala Dunia 2022 akan tampil, demikian halnya gelandang Chelsea, Enzo Fernandez. Striker Manchester City yang baru saja meraih treble, Julian Alvarez, juga turut serta dalam skuat.

Pemain Debutan

Deretan pemain muda seperti winger Manchester United, Alejandro Garnacho, dan gelandang Brighton and Hove Albion, Facundo Buonanotte, juga digadang-gadang menjalani debutnya bersama Timnas saat tur Asia. Diketahui, hingga kini ada empat jurnalis atau media Argentina yang meyakini Messi batal hadir di Jakarta.

Pemain yang baru saja hijrah ke Inter Miami itu disebut hanya bermain di laga ujicoba melawan Australia di China, 15 Juni 2023. Terkini, jurnalis TycSports, Gaston Edul, kembali menegaskan Messi tidak jadi hadir ke Indonesia. Jurnalis yang rutin memberikan perkembangan Timnas Argentina itu menyebut Messi ingin liburan sebelum bergabung dengan Inter Miami. 

Gaston Edul selama ini menjadi salah satu jurnalis Argentina yang terpecaya. Sebelumnya dia turut membeberkan rencana laga Argentina melawan Indonesia. “Leo Messi akan bermain melawan Australia tetapi dia tidak akan melakukan perjalanan ke Indonesia. Dia tidak memainkan game kedua,” cuit Edul di akun Twitter.

Kabar batalnya Messi ke Jakarta awalnya diembuskan jurnalis ESPN asal Argentina, Leo Paradizo. Media Argentina, Vermouth Deportivo, kemudian menguatkan bahwa Messi akan keluar dari skuat Albiceleste saat melawan Indonesia. Jurnalis Argentina lain, Pablo Gravellone, juga mendapatkan informasi serupa dari internal Timnas Argentina. (*)