Antisipasi Kekeringan BPBD Bandar Lampung Siap Pasok Air Bersih

M. Iqbal Pratama - Kamis, 08 Juni 2023 18:06
Antisipasi Kekeringan BPBD Bandar Lampung Siap Pasok Air BersihSebagai antisipasi kekeringan akibat El Nino, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung siap menyuplai air bersih kepada warga. (sumber: ISt)

BANDAR LAMPUNG-Antisipasi kekeringan akibat El Nino, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung siap menyuplai air bersih kepada warga.

Kepala BPBD Kota Bandar Lampung, Ahmad Husna mengatakan dampak El Nino sudah terasa di Bandar Lampung namun belum signifikan, seperti kekeringan disejumlah lokasi.

“Cakupannya bukan wilayah hanya beberapa titik saja. Seperti beberapa rumah di Gorong-royong, di Panjang, dan Gedong air yang membutuhkan suplai air bersih,” kata Ahmad Husna, Kamis 8 Juni 2023.

Menurutnya, warga yang membutuhkan air bersih dapat menghubungi BPBD Kota Bandar Lampung, nantinya akan dikirimkan air bersih dari Damkar, Kali Akar atau Way Rilau secara gratis.

“Telpon saja ke nomor layanan kami 0721-252741, nanti kita kirim air bersih satu tangka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ahmad Husna mengaku dampak lain dari El Nino yakni rawannya kebakaran lahan. Di tahun 2023 ini belum ada kebakaran lahan.

“Alhamdulilah belum ada kebakaran lahan di 2023. Semoga tidak terjadi hal tersebut,” jelasnya.

Perlu diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyebutkan fenomena El Nino dapat memicu kekeringan di Indonesia pada musim kemarau. Fenomena El Nino ini dipengaruhi oleh suhu muka air laut Samudra Pasafik dan Indian Ocean Dipole yang dipengaruhi suhu di Samudera Hindia, dimana keduanya bersama terjadi musim kemarau.

Fenomena yang terkait dengan suhu muka air laut di Samudra Pasifik mengalami perubahan yang mengarah pada El Nino pada Juni 2023 yang berakibat semakin menghangat kawasan itu.(IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS