Ada 4 Fitur Baru Instagram yang Perlu Diketahui, Sudah Coba?

2023-01-04T06:04:16.000Z

Penulis:Yunike Purnama

Editor:Redaksi

Ilustrasi aplikasi Instagram
Ilustrasi aplikasi Instagram

BANDAR LAMPUNG - Beberapa waktu lalu, ada sejumlah fitur baru Instagram yang dirilis untuk meningkatkan layanan terhadap penggunanya.

Beberapa di antaranya ada yang sudah bisa dicoba oleh penggunanya termasuk pengguna di Indonesia. Namun, ada juga pengguna yang masih belum bisa menikmati fitur tersebut karena belum tersedia secara merata dan masih dalam tahap uji coba.

Berikut rangkuman beberapa fitur baru Instagram yang dirilis dan masih dalam masa uji coba. Fitur baru dari Instagram yang bisa dinikmati penggunanya antara lain sebagai berikut:

1. Instagram Notes

Salah satu fitur baru Instagram adalah Instagram Notes. Fitur ini merupakan fitur yang menyediakan catatan dalam bentuk teks singkat yang bisa dibagikan kepada pengguna lainnya dan muncul di laman chat (DM) milik pengguna. Fitur ini memungkinkan Anda membuat catatan dengan maksimal 60 karakter termasuk huruf, angka, dan emoji. Fitur Instagram Notes ini sudah bisa dicoba di aplikasi Instagram dengan perangkat Android versi 264.0.0.0.77.

2. Instagram Map Search

Instagram juga merilis fitur Instagram Map Search pada September 2022 lalu. Melalui fitur ini, pengguna dapat mencari lokasi tertentu sesuai dengan kategori yang diinginkan seperti restoran, bioskop, kafe, salon kecantikan dan lain sebagainya. Bagi wisatawan atau mereka yang datang ke lokasi baru, fitur ini akan sangat membantu untuk menemukan berbagai tempat yang ingin dikunjungi. Pengguna bisa mendapatkan rekomendasi tempat makan yang enak dan mudah diakses melalui fitur Instagram Map ini.

3. Instagram e-Commerce Shop

Instagram bukan lagi sekadar aplikasi berbagi foto, lebih dari itu aplikasi ini juga menjadi platform mini-eCommerce. Hal ini bisa dilihat dari fitur baru yang diluncurkan pada Juli 2022 lalu yakni Instagram e-Commerce Shop. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran langsung dari aplikasi. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa merasa ini lebih aman karena mereka tidak perlu berpindah dari aplikasi ke situs web pihak ketiga ketika berbelanja di Instagram.

4. Collaborative Collections

Fitur baru Instagram lainnya adalah Collaborative Collections. Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan atau membagikan postingan orang lain tanpa menghilangkan nama akun yang mengunggah postingan tersebut. Fitur ini masih dalam tahap uji coba. Jika sudah tersedia, nantinya pengguna dapat langsung menyimpan postingan dari feed atau membagikan unggahan melalui DM.

Itulah beberapa fitur baru Instagram yang perlu Anda ketahui. Beberapa fitur baru Instagram ini cukup menarik untuk menunjang aktivitas penggunanya dalam bermedia sosial. (*)