Tujuh Tips Sederhana Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Yunike Purnama - Minggu, 16 Juli 2023 16:51
Tujuh Tips Sederhana Mengajarkan Anak Menabung Sejak DiniSebagai orang tua, ajarkan anak-anak untuk mulai menabung di usia enam tahun, ajarkan konsep uang terhadap anak, serta didiklah sang putra dan putri agar menjadi pribadi yang mandiri dan hemat dengan cara menabung (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Menabung adalah hal penting yang harus dibiasakan sejak dini. Sebab, jika anak sudah terbiasa menabung sejak dini maka akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan pandai mengatur keuangan. 

Sebagai orang tua, ajarkan anak-anak untuk mulai menabung di usia enam tahun, ajarkan konsep uang terhadap anak, serta didiklah sang putra dan putri agar menjadi pribadi yang mandiri dan hemat dengan cara menabung.

Lantas, bagaimana cara kita untuk mengajarkan anak menabung?

Berikut adalah cara mengajarkan anak menabung sejak dini:

1. Beri Penjelasan Tentang Uang dan Manfaat Menabug

Langkah awal yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak menabung yaitu beri penjelasan mengenai uang dan manfaat menabung. Anda bisa menggunakan kalimat yang mudah agar dipahami anak tentang jenis-jenis uang sampai manfaat uang. Anda bisa menjelaskan bahwa uang itu penting, meski bukan hal yang dianggap segalanya. Tidak sampai di situ saja, jelaskan pada anak bagwa uang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan lainnya. Sehingga, Si Kecil dapat menghargai uang dan menggunakan secara hati-hati. 

2. Libatkan Anak Saat Menggunakan Uang

Anda dapat mengajak Si Kecil untuk berbelanja. Upaya ini dilakukan supaya anak mengetahui secara langsung bahwa uang dapat digunakan sebagai media pembayaran di kehidupan sehari-hari.

3. Beri Contoh yang Baik

Di bawah usia 12 tahun, anak-anak cenderung meniru dan melihat orang tua mereka untuk melakukan banyak hal. Maka, Anda harus mempraktikkan apa yang Anda katakana dengan cara menunjukkan bagaimana hal itu dilakukan. Sebagai contoh, perlihatkan kepada anak bagaimana cara Anda saat menyisihkan uang, setor tunai dan membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

4. Gunakan Celengan

Celengan merupakan media praktis untuk Si Kecil dan merupakan Langkah bagus untuk menyisihkan uang. Anda bisa membelikan celengan dengan bentuk lucu atau karakter mainan favoritnya agar anak lebih semangat menabung. Pastikan jangan memelikan celengan yang ada kuncinya, hal ini untuk menghindari anak mengambil tabungan tersebut sebelum uangnya terkumpul.

5. Ajarkan Mengelola Uang Jajan yang Benar

Beri uang saku anak secukupnya saat sekolah dan ajarkan bagaimana menyisihkan uang tersebut. Anda bisa menggunakan sistem harian, mingguan, atau bulanan saat memberi uang saku. Anda harus ingat untuk memberikan uang dengan nominal yang tidak berlebihan. Dengan begitu, anak akan lebih hati-hati Ketika menggunakan uangnya.

6. Beri Target

Beri ia target, pastikan anak Anda menyanggupi. Sebagai contoh, anak Anda ingin sepeda baru atau liburan bersama, maka targetkan jumlah nominal menabung untuk itu. Jika kalian menginginkan sesuatu, hal ini menjadi kesempaan untuk mengajari anak pentingnya menabung.

7. Beri Apresiasi

Meski tabungan anak tidak terkumpul banyak, Anda harus memberinya apresiasi,.misalnya anak Anda ingin membeli sesuatu namun tabungannya yang terkumpul baru setengahnya, Anda bisa memberi hadiah dengan menambahi uang tersebut. Anda juga bisa memberi hadiah lainnya, tidak harus nominal uang supaya anak tetap semangat menabung.

Itulah beberapa cara sederhana untuk membiasakan diri menabung sejak dini. Anda bisa mengajarkan putra dan putri Anda. Selamat mencoba! (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS