Tubaba Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov Lampung X 2025

M. Iqbal Pratama - Selasa, 13 Desember 2022 17:28
Tubaba Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Porprov Lampung X 2025Ketua KONI Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Kodari. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger )

BANDAR LAMPUNG - Pekan olahraga provinsi (Porprov) Lampung IX 2022 telah memasuki hari terakhir yang selesai pada Selasa, 13 Desember 2022.

Menjelang hari terakhir, Kabupaten Tulang Bawang Barat mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah dalam ajang Porprov berikutnya yaitu tahun 2025 mendatang.

Melalui Ketua KONI Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Kodari mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kadispora dan Bupati Tubaba untuk menjadi tuan rumah Porprov ke-X.

"Saat konsorsium kita sudah sampaikan bersama dengan temen-temen KONI Kabupaten/Kota lainnya," katanya di media center KONI Lampung pada Selasa, 13 Desember 2022.

Ia juga menyampaikan kalau pihaknya nanti akan melakukan inventarisasi kepada venue yang akan digunakan dan melihat kesiapan untuk Porprov 2025 mendatang.

"Apa yang akan menjadi kekurangan kan nanti ada solusinya dari KONI Provinsi, apakah ada anggaran sharingnya dan masalah fasilitas lain," ujarnya.

"Dari pemerintah provinsinya juga saya yakin akan all out untuk Porprov ke X akan menjadi lebih baik dari yang saat ini," tambahnya.

Kodari juga menyampaikan Kabupaten Tubaba percaya diri untuk menjadi tuan rumah Porprov mendatang, karena sekaligus akan menjadi ajang promosi untuk wisata sekaligus UMKM.

"Sekaligus kita membangkitkan marwah olahraga bersamaan juga dengan wisata," tuturnya.

Ia menjelaskan untuk kesiapan venue sendiri nantinya akan berpusat di Uluan Nughik. Disana nantinya akan ada stadion mini yang bisa dipergunakan sebagai venue.

"Untuk perorangan seperti pencak silat, panjat tebing dan lain sebagainya saya rasa tidak ada masalah," jelasnya.

Kodari menerangkan kalau untuk venue kolam renang sendiri sudah ada tiga titik, hanya saja akan dilakukan pengecekan kembali apakah layak atau tidaknya.

Jika memang belum memenuhi standar nantinya KONI Tubaba akan berkoordinasi dengan KONI Provinsi untuk langkah apa yang akan diambil.

"Mungkin diperbaiki atau bangun baru nanti kita akan lihat," terangnya.

Sementara itu Humas KONI Lampung, Edi Purwanto mengatakan kalau sebelumnya sudah ada rapat diantara KONI Kabupaten/Kota terkait dengan pengajuan tuan rumah berikutnya.

"Setelah rapat semalam, Tubaba mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah," imbuhnya. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS