Ternyata Ini Aplikasi Video Streaming Paling Banyak Diunduh di Indonesia

Yunike Purnama - Senin, 23 Januari 2023 13:07
Ternyata Ini Aplikasi Video Streaming Paling Banyak Diunduh di IndonesiaMenonton film dan serial televisi di aplikasi video streaming menjadi salah satu hiburan akhir pekan. (sumber: Getty Images )

BANDAR LAMPUNG - Menonton film dan serial televisi di aplikasi video streaming semacam Netflix, Disney+, hingga HBO Go, hingga menjadi hiburan di akhir pekan atau sepulang kerja. Apalagi, layanan video streaming kerap memiliki konten orisinil yang khas.

Misalnya saja serial televisi 'The Last of Us' yang tayang di HBO Go, hingga 'Emily in Paris' yang jadi salah satu serial orisinil Netflix terpopuler. Netizen ramai membahasnya di media sosial.

Namun, ternyata bukan Netflix dan HBO Go yang merajai video streaming di Indonesia. Berdasarkan laporan dari firma riset data.ai, 5 aplikasi video streaming yang paling banyak di-download secara berurutan adalah Vidio, Bilibili, WeTV, Bigo Live, dan YouTube Kids.

Disney+ baru muncul di urutan ke-6, sementara Netflix di urutan ke-9. Tak tampak nama HBO Go di jajaran Top 10 aplikasi video streaming yang paling banyak di-download.

Vidio

Vidio menayangkan serial televisi dan film yang sangat lokal (hyperlocal). Pengguna bisa mendapati film-film lawas Indonesia seperti Warkop DKI. Ada juga deretan film India dan konten orisinil Indonesia.

Selain itu, pengguna juga bisa menonton siaran live dari saluran televisi seperti Trans TV dn Trans 7. Vidio juga memegang lisensi untuk pemutaran Piala Dunia 2022 dan Premiere League.

Bilibili

Untuk pecinta anime dan game, Bilibili menjadi salah satu alternatif untuk menikmati konten tersebut. Layanan video streaming yang satu ini menayangkan konten livestreaming kreator yang tengah memainkan game. Kurang lebih mirip seperti Twitch.

Selain itu, anime-anime legendaris dan terbaru juga bisa ditonton. Misalnya saja 'Dragon Ball', 'Spy x Family', hingga 'Blue Lock'.

WeTV

Anak usaha dari raksasa China, Tencent, ini menghadirkan banyak tayangan drama Asia, utamanya drama China. Salah satu yang populer adalah 'Go Ahead' yang kemudian ditayangkan pula oleh Netflix.

WeTV di Indonesia juga menayangkan konten orisinil yang hyperlocal. Beberapa di antaranya adalah 'Jodoh atau Bukan', 'Imperfect the Series 2', hingga 'Kupu-kupu Malam'.

Bigo Live

Layanan serupa TikTok ini lebih mengkhususkan diri untuk tayangan siaran langsung (live). Di Indonesia, Bigo Live juga menghadirkan konser musik live streaming bertajuk "Super VIP Music Festival" pada 2022 lalu. Beberapa line-up festival tersebut adalah Cita Citata, Aura Kasih, Danilla, dan The Panturas.

YouTube Kids

Sesuai dengan namanya, YouTube Kids merupakan layanan dari YouTube yang khusus menyasar anak-anak di bawah 13 tahun. Aplikasi ini menyaring dan mengkurasi konten yang menyesuaikan dengan ketertarikan anak kecil, dan kerap menyajikan konten edukasi.

Perlu dicatat, 5 raja aplikasi ini dilihat dari jumlah download terbanyak di Indonesia sepanjang 2022. Untuk pengeluaran pengguna (consumer spend) terbesar, secara berurutan diraih oleh Vidio, WeTV, Viu, YouTube, dan Disney+. Lagi-lagi, tak ditemukan nama Netflix dan HBO Go pada jejeran tersebut. (*)

Editor: Redaksi
Tags Aplikasi streaming Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS