Resmi Dibuka, Berikut Cara Reservasi Kunjungan di Taman Pracima Pura Mangkunegaran

Yunike Purnama - Senin, 23 Januari 2023 12:55
Resmi Dibuka, Berikut Cara Reservasi Kunjungan di Taman Pracima Pura MangkunegaranPeresmian Taman Pracima Pura Mangkunegaran dibuka secara bertahap untuk masyarakat umum. (sumber: Twitter Erick Thohir )

SOLO — Taman Pracima Pura Mangkunegaran telah dibuka secara bertahap untuk masyarakat umum. Untuk menikmati keindahan taman peninggalan Mangkunegara VII ini, pengunjung wajib melakukan reservasi atau pemesanan terlebih dulu. Pengelola belum mematok tarif masuk.

Hal itu disampaikan KGPAA Mangkunegara X dalam soft launching Taman Pracima, Sabtu 21 Januari 2023. Mangkunegara X mengatakan Taman Pracima bakal dibuka bertahap sampai bulan Maret 2023. Dia menjelaskan pengunjung perlu melakukan pemesanan untuk memasuki taman yang berada di kompleks Pura Mangkunegaran itu.

“Sementara ini dengan reservasi, sepekan dua pekan kita lihat. Mungkin nanti ada paket,” ujarnya dikutip Senin, 23 Januari 2023.

Disinggung terkait tiket masuk, Mangkunegara X masih enggan membeberkan. Dia mengatakan perkembangan layanan Taman Pracima akan disampaikan ke masyarakat secara langsung atau melalui media sosial. Lalu, bagaimana cara reservasi kunjungan di Taman Pracima?

Caranya ternyata mudah. Warga tinggal mengisi formulir pemesanan yang bisa diakses di pracima.id. Pilih “Pracima Reservation”. Setelah itu warga bakal diminta mengisi identitas diri berikut jadwal kunjungan yang dikehendaki serta jumlah rombongan. Taman Pracima buka dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Selain itu reservasi dapat dilakukan dengan menghubungi nomor WhatsApp  WA +62 813-2615-9199. Untuk perkembangan informasi soal Taman Pracima, Pura Mangkunegaran menyediakan akun Instagram @pracima.mn. Warga dapat memantau update info layanan maupun kegiatan Taman Pracima di akun tersebut.

Taman Pracima dibangun di lahan seluas 1.000 meter persegi di era Mangkunegara VII. Ada tiga bangunan utama yakni Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik yang memfasilitasi kegiatan kuliner khas Mangkunegaran, pengolahan hasil bumi hingga pengembangan seni budaya.

Selain itu, Taman Pracima memiliki banyak spot foto menarik. Hal itu tak lepas dari lanskap bangunan bersejarah yang dimiliki Taman Pracima. Taman yang dibangun tahun 1920-an itu juga memiliki hamparan bunga dan kolam air mancur yang menyejukkan.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS