Region Head PTPN I Regional 7 Ingatkan Karyawan Jadi Planters Bertanggung Jawab

Eva Pardiana - Kamis, 17 Oktober 2024 06:42
Region Head PTPN I Regional 7 Ingatkan Karyawan Jadi Planters Bertanggung JawabSyukuran pencapaian kinerja terbaik Semester I/2024 Kebun Way Berulu di Gedong Tataan, Rabu (16/10/2024). (sumber: Dok. PTPN I Regional 7)

PESAWARAN – Region Head PTPN I Regional 7 Tuhu Bangun mengingatkan seluruh karyawan PTPN I Regional 7 untuk memelihara sikap tanggung jawab dan bangga menjadi insan Perkebunan. Pernyataan itu disampaikan Tuhu Bangun saat memberi sambutan pada acara syukuran pencapaian kinerja terbaik Semester I/2024 Kebun Way Berulu di Gedong Tataan, Rabu (16/10/2024).

“Perusahaan ini bukan warisan pribadi, tetapi amanat negara untuk kita kelola agar memiliki manfaat luas bagi negara. Kita harus bersyukur karena amanah ini menjadi jalan rezeki sehingga kita bisa jadi seperti ini. Mari kita rawat dan pertahankan prestasi dengan cara bekerja lebih maksimal. Jadilah planters yang bertanggung jawab,” kata Tuhu Bangun.

Acara syukuran diinisiasi aspirasi karyawan Kebun Way Berulu yang pada even PTPN Award 2024 mendapat juara sebagai Kebun Terbaik Semseter I/2024. Agenda syukuran juga diisi dengan santunan 150 anak yatim piatu dari 12 desa penyangga di sekitar kebun berupa paket sembako dan sejumlah uang.

Hadir pada acara itu, Bupati Pesawaran yang diwakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran Dedi Novriansyah, Perwakilan dari Polres Pesawaran, dari Kodim Lampung Selatan, Camat Gedong Tataan, dan sejumlah pejabat lain. Sedangkan dari internal, selain Tuhu Bangun hadir SEVP Business Support Bambang Agustian, SEVP Operation Wiyoso, para Kepala Bagian, para Manajer di Wilayah Lampung, dan para pejabat lain.

Beberapa poin penting disampaikan Tuhu Bangun terkait proyeksi masa depan perusahaan. Saat ini, kata dia, PTPN Group sebagai perusahaan yang sahamnya dimiliki negara mengemban beberapa amanah dalam bidang pangan, sumber energi baru dan terbarukan, dan hilirisasi industri perkebunan. Amanah tersebut berbentuk penugasan pemerintah terhadap PTPN untuk menjadi pelaksana proyek strategis nasional (PSN).

“Menjawab penugasan pemerintah di PSN (proyek strategis nasional) itu, PTPN Holding membentuk tiga Subholding, yakni Palm Co yang khusus komoditas sawit, Sugar Co untuk gula, dan Supporting Co untuk rupa-rupa komoditas. Kelapa sawit dengan aneka produk turunanannya akan mendukung ketahanan pangan dan energi baru. Sugar Co dengan target swasembada gula konsumsi pada 2028 dan produk derivat lainnya seperti etanol untuk energi baru terbarukan. Sedangkan Supporting Co sebagai supporting system,” kata dia.

Ke depan, PSN yang sedang dijalankan PTPN Group yang di dalamnya termasuk PTPN I Regional 7 akan menjadi salah satu penopang stabilitas nasional. Selain menghasilkan produk vital yang sangat dibutuhkan masyarakat, juga membuka banyak lapangan kerja baru.

Dalam kaitan ini, Tuhu Bangun mengajak semua stakeholder untuk memberi dukungan maksimal kepada operasional dan proses bisnis PTPN I Regional 7. Sebab, kata dia, efek positif dari kinerja terbaik perusahaan akan sangat berpengaruh kepada tingkat kesejahteraan warga sekitarnya.

“Dengan PSN yang diemban PTPN I Regional 7, ini akan berdampak positif baik langsung maupun tidak langsung. Salah satu fokus dan konsentrasi pada PSN adalah hilirisasi produk. Dalam waktu dekat, PTPN akan membangun aneka pabrik consumers good atau barang kebutuhan masyarakat dari bahan baku yang diproduksi. Ada minyak goreng, ada bio etanol, ada pabrik sarung tangan, dan lainnya. Ini akan memperkuat ketahanan nasional dan membuka lapangan kerja sangata banyak,” kata dia.

Sementara itu, Manajer PTPN I Regional Kebun Way Berulu Tulus Catur Pambudi dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas dukungan manajemen Kantor Regional maupun Holding serta stakeholder sehingga mampu berprestasi. Ia mengatakan, prestasi ini bukan karya sebagian orang apalagi pribadi melainkan dicetak oleh tim besar yang bekerja keras.

“Kami bersyukur dipercaya Allah SWT., Tuhan Yang Maha Esa untuk mengelola potensi yang sangat baik ini. Kami juga berterima kasih karena memiliki satu tim besar yang terdiri dari semua elemen dan grade tetapi berada pada frekuensi yang sama. Inilah hasil dari jerih payah kita. Bagi kami, prestasi ini bukan sekadar materi, tetapi rasa bangga dan percaya diri yang luar biasa membesarkan hati,” kata dia.

Sebagai rasa syukur, Catur Pambudi mengaku mengajak perwakilan semua elemen untuk menggelar syukuran ini. Dari berbagai usulan, kata dia, tercetuslah beberapa ide, salah satunya untuk menyantuni anak yatim di sekitar Kebun.

“Ada banyak usulan untuk acara syukuran ini, semua baik dan bermuara kepada keputusan ini. Kami juga sangat berterima kasih kepada Pak RH (region head) yang telah menggagas dan mengusulkan tema ‘Kami Bangga Jadi Insan Perkebunan’. Ini tema spiritual yang sangat mengena di hati kami,” kata dia.

Dari unsur stakeholder, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran Dedi Novriansyah memberi kata sambutan. Ia mengatakan, peran PTPN I Regional 7 Kebun Way Berulu sudah sangat dikenal di tengah masyarakat Kabupaten Pesawaran sebagai pemantik geliat ekonomi warga sekitar. Ia menyebut, PTPN menjadi jalan rezeki untuk banyak masyarakat, baik sebagai karyawan, pekerja pendukung operasional perusahaan, pedagang di sekitar perusahaan, dan efek positif lainnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesawaran kami memberi apresiasi yang tinggi kepada PTPN Way Berulu ini. Kami siap dan terus mendukung setiap operasional bisnis yang dijalankan sehingga memberi kontribusi positif bagi masyarakat sekitar,” kata dia.

Acara yang digelar di lapangan terbuka dilanjutkan dengan ramah tamah informal. Suasana akrab dan diskusi-diskusi kecil mengemuka dan tetap mengarah kepada perbaikan sinergi dalam memecahkan berbagai masalah krusial terkait relasi perusahaan dengan masyarakat sekitar. (*)

Bagikan

RELATED NEWS