PTPN VII Unit Way Lima bersama FKPPIB Gali Bakat Jurnalistik Pemuda Desa

Eva Pardiana - Minggu, 26 Juni 2022 08:07
PTPN VII Unit Way Lima bersama FKPPIB Gali Bakat Jurnalistik Pemuda DesaManager PTPN VII Unit Way Lima Moehammad Baasith saat memberikan paparan kepada pemuda Desa Cipadang dalam acara Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi di Aula Krida, Way Lima, Pesawaran, Sabtu 25 Juni 2022. (sumber: Perdiansyah)

PESAWARAN – PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) bersama Forum Komunikasi Putera Puteri Indonesia Bersatu (FKPPIB) menggali minat dan bakat pemuda desa sekitar kebun karet unit Way Lima, Pesawaran melalui pelatihan jurnalistik dan fotografi yang digelar di Balai Krida Desa Cipadang, Gedong Tataan, Sabtu, 26 Juni 2022.

Manager PTPN7 Unit Way Lima Moehammad Baasith mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan terhadap lingkungan sekitar dengan memberdayakan potensi pemuda.

"Kunci kesuksesan itu dengan memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, keuntungan yang didapat perusahaan, tidak hanya diberikan kepada negara dalam bentuk dividen, upah pegawai, tapi juga untuk membangun sekolah, masjid, memberi santunan anak yatim, termasuk pelatihan seperti ini melalui program CSR (corporate social responsibility)," ujar Baasith dalam sambutannya.

Baasith juga memaparkan, sejak 2020 sejak 2020 produktivitas kebun karet PTPN VII unit Way Lima mulai membaik dan berhasil mencapai target.

Atas kinerjanya, PTPN VII Unit Way Lima berhasil meraih beberapa penghargaan di antaranya juara pertama PTPN Award 2022 untuk kategori kebun tersubur dan kebun terbaik kedua berdasarkan kinerja pada semester I/2021 dari PTPN Holding Perkebunan.

Kepala Desa Cipadang Sugianto mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia meyakini pemuda desa setempat memiliki bakat terpendam di bidang jurnalistik. Bakat tersebut harus digali agar dapat diasah dan dikembangkan sebagai bekal di masa depan.

"Saya harap ini bisa dilaksanakan berkelanjutan. Saya yakin semua pemuda di sini punya smartphone, tetapi belum tentu semua bisa memanfaatkan smartphone-nya untuk menyebarluaskan informasi positif dan bermanfaat," ujar Sugianto.

Ia berharap kegiatan serupa bisa digelar secara berkelanjutan sehingga dari Desa Cipadang bisa lahir para penulis yang bisa menginformasikan beragam potensi desa kepada masyarakat luas.

"Banyak sejarah yang bisa digali di desa ini, terkait sejarah desa maupun sejarah berdirinya PTPN VII Unit Way Lima. Dengan smartphone yang dimiliki, pemuda desa bisa mengenalkan wilayah desa kita ke masyarakat Lampung," pungkas Sugianto.

Ketua Dewan Pembina FKPPIB Andi Firmansyah berharap kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi pemuda sekitar PTPN VII Unit Way Lima, tetapi juga bagi anggota FKPPIB sebagai sarana pembelajaran anak-anak karyawan BUMN.

Pelatihan jurnalistik dan fotografi diisi oleh Sudarmono, penulis yang juga redaktur media Agro7; Eva Pardiana, redaktur Kabar Siger yang juga pembina bidang perempuan FKPPIB; dan Perdiansyah kontributor pewarta foto AFP. Sebanyak 63 pemuda Desa Cipadang yang menjadi peserta antusias mengikuti pelatihan yang digelar sejak pagi hingga sore hari. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS