Polkesba Kolaborasi Bersama Instidla Kenalkan 6 Prodi ke Ponpes Diniyyah Putri Lampung

Yunike Purnama - Kamis, 17 Februari 2022 12:18
Polkesba Kolaborasi Bersama Instidla Kenalkan 6 Prodi ke Ponpes Diniyyah Putri LampungDalam rangka penerimaan mahasiswa baru, Polkesba bersama Instidla pengenalan program studi ke Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung, Kamis (17/2/2022). (sumber: Kabarsiger)

PESAWARAN - Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, Poltekkes Kesuma Bangsa (Polkesba) bersama Institut Diniyya Lampung (Instidla) pengenalan program studi masing-masing yang berlangsung di Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung, Kamis (17/2/2022).

Sebagai perguruan tinggi dengan latar belakang kesehatan, Poltekkes Kesuma Bangsa mengenalkan tiga program studi (prodi) yakni DIV Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan), DIV Manajemen Informasi Kesehatan (Rekam Medik), dan DIII Farmasi.

Sedangkan Instidla mengenalkan prodi S1 Kewirausahaan, S1 Manajemen Ritel, dan S1 Rekayasa Perangkat Lunak.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III Instidla, Danu Budiono, S.E., M.M, mengatakan hari ini para santri kelas XII Diniyyah Putri Lampung akan mendapatkan berbagai informasi dari para narasumber dari setiap Perguruan Tinggi.

"Untuk santri kelas XII hari ini akan mendapatkan informasi dari para narasumber Polkesba dan Instidla, hal ini tentunya sebagai rekomendasi pilihan para santri berkuliah ke jenjang yang lebih tinggi," paparnya. .

Selanjutnya dalam penyampaian materi prodi Manajemen Informasi Kesehatan (Rekam Medik) Polkesba disampaikan oleh Kepala Prodi Manajemen Informasi Kesehatan (Rekam Medik), Arfan Syahroni, SKM., MKM.

"Untuk prodi Manajemen Informasi Kesehatan/Rekam Medik ini lulusannya masih banyak peluang kerja, karena berdasar data organisasi jumlah tenaga perekam medis saat ini baru memenuhi 50 persen dari yang dibutuhkan. Artinya peluangnya masih sangat besar," papar Arfan.

Ia melanjutkan, saat ini adik-adik mungkin masih belum ada gambaran terkait rekam medis. Maka hari ini tim Polkesba memberikan gambaran awal agar adik-adik mendapat informasi yang tepat untuk melanjutkan ke jenjang kuliah nanti.

Selanjutnya, materi dilanjutkan oleh Kepala Prodi Teknologi Laboratorium Medik (Analis Kesehatan), Annisa Yusmutia, SKM., MKM., HIMU yang menyampaikan bahwa tugas seorang Analis Kesehatan di Rumah Sakit, Puskesmas, maupun Laboratorium salah satunya adalah memastikan hasil laboratorium seperti tes darah, urin, hingga antigen maupun PCR.

Pengenalan prodi Polkesba ditutup oleh Prodi DIII Farmasi yang disampaikan oleh Kepala Prodi DIII Farmasi, Noor Rosyidah Amini, S.Si., MPH menyampaikan bahwa seorang farmasi bukan hanya bekerja di Apotek, namun lulusan farmasi Poltekkes Kesuma Bangsa dibentuk menjadi seorang wirausaha khususnya dibidang Farmasi Herbal.

"Untuk temen-temen yang masuk di DIII Farmasi, setelah lulus bukan hanya bekerja di apotek, namun di Poltekkes Kesuma Bangsa, temen-temen akan ditekankan menjadi seorang wirausaha khususnya di bidang herbal sesuai dengan muatan lokal prodi DIII Farmasi Kesuma Bangsa," paparnya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS