Pemprov Lampung Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-Turut

Eva Pardiana - Kamis, 12 Mei 2022 15:22
Pemprov Lampung Raih Opini WTP 8 Kali Berturut-TurutGubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Ruang Sidang DPRD setempat, Kamis, 12 Mei 2022. (sumber: Diskominfotik Pemprov Lampung)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Lampung atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021. Dengan raihan WTP ini, maka Provinsi Lampung telah 8 kali secara berturut-turut meraih WTP.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan Opini BPK RI tersebut adalah bentuk dari tanggung jawab dan hasil kerja keras semua unsur, baik dari OPD selaku entitas akuntansi, OPD selaku entitas pelaporan dan DPRD sebagai pihak legislatif.

"Kita sadari bersama bahwa opini WTP ini pada hakekatnya merupakan suatu pencapaian atas kinerja Pengelola Keuangan Pemerintah Provinsi Lampung yang selama ini kita lakukan," ujar Arinal dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Provinsi Lampung Tahun 2021 di Ruang Sidang DPRD, Kamis, 12 Mei 2022.

Arinal juga menyampaikan ucapan terima  kasih kepada Kepala  Perwakilan BPK RI Provinsi Lampung beserta jajaran yang telah melakukan pemeriksaan atas LKPD dan Pemeriksaan Kinerja Pendahuluan atas Upaya Penanggulangan Kemiskinan Tahun Anggaran 2021 pada Pemerintah Provinsi Lampung dan Instansi Terkait Lainnya di Bandar Lampung dan Kota/Kabupaten. 

"Ini sebagai upaya menciptakan good governance khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung," ujarnya.

Terkait temuan-temuan yang telah disampaikan, Arinal mengatakan telah menyusun rencana aksi agar tindak lanjut hasil audit dapat diselesaikan tepat waktu. 

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang BUMN, BUMD dan Kekayaan Negara/Daerah yang Dipisahkan Lainnya Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Novian Herodwijanto mengapresiasi prestasi yang telah diterima Pemerintah Provinsi Lampung. 

"Ini merupakan komitmen serta upaya nyata DPRD dan Pemerintah Provinsi Lampung untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan dengan menjalankan dan menerapkan pelatih-pelatih keuangan yang baik, kami berharap capaian ini untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan," kata dia. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS