Pemprov Lampung Beri Apresiasi kepada UKM/IKM Inovatif dan Berhasil Lakukan Ekspor

Eva Pardiana - Kamis, 23 Desember 2021 20:47
Pemprov Lampung Beri Apresiasi kepada UKM/IKM Inovatif dan Berhasil Lakukan Ekspor Penyerahan apresiasi dan bantuan kepada IKM yang berhasil lalukan ekspor perdana oleh Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto di lapangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Rabu (22/12/2021). (sumber: Adpim Pemprov Lampung)

BANDARLAMPUNG – Pemprov Lampung memberikan apresiasi dan bantuan kepada usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) yang inovatif dan berhasil melakukan ekspor tahun 2021. Apresiasi dan bantuan diserahkan di lapangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Rabu (22/12/2021).

Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan harapannya agar UKM/IKM dapat berdiri semakin kokoh dan berperan dalam mendukung perkembangan perekonomian Lampung.

“Beberapa sektor pembangunan mengalami penurunan sejak pandemi Covid-19. Namun, pada 2021 perekonomian Lampung mulai tumbuh dan hal ini didorong oleh UMKM, IKM, dan UKM. Semoga UKM, IKM, dan UMKM tumbuh dan makin kokoh hingga tidak dapat terpengaruh akan dampak lainnya,” ujarnya.

Fahrizal juga menyampaikan bahwa kunci untuk menguasai pasar adalah dengan daya saing. “Agar kita bisa menguasai pasar, kata kunci paling utama adalah daya saing, ekonomi adalah persaingan. Meskipun melakukan kolaborasi, harus tetap ada persaingan dengan produk yang sejenis” ujarnya.

Fahrizal mengimbau para pelaku UKM/IKM untuk memerhatikan perkembangan produksi untuk memasuki pasar yang lebih besar dengan memanfaatkan SDM yang ada di sekitar lingkungan usaha.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Elvira Umihanni mengungkapkan pemberian apresiasi bertujuan untuk memotivasi seluruh UKM/IKM di Lampung untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan usaha yang dijalankan melalui pengembangan produk dan dan pemasaran baik secara digital maupun non digital.

Elvira juga berharap Kegiatan bertajuk “IKM Inovatif dan Berdaya Saing untuk Lampung Berjaya” ini mampu mendorong kesadaran bagi UKM/IKM untuk berbudaya inovatif dan kreatif sehingga menciptakan produk olahan unggulan daerah yang mampu bersaing di pasar daerah, nasional, hingga internasional.

Apresiasi dan bantuan diberikan kepada UKM/IKM dengan kategori sebagi berikut:

  1. IKM yang berhasil ekspor perdana di 2021.
  2. UKM yang berhasil ekspor perdana di 2021.
  3. Kategori produk UKM inovatif tahun 2021.
  4. Kategori produk IKM inovatif tahun 2021.
  5. Penerima bantuan kemasan produk.
  6. Penerima fasilitasi merk dagang.
  7. Penerima fasilitasi halal.
  8. Fasilitasi gerobak display.

RELATED NEWS