OJK dan BEI Lampung Gelar Olimpiade Pasar Modal Tingkat SMA dan Perguruan Tinggi

Yunike Purnama - Selasa, 25 Oktober 2022 04:37
OJK dan BEI Lampung Gelar Olimpiade Pasar Modal Tingkat SMA dan Perguruan TinggiOJK Lampung dan BEI Perwakilan Lampung menyelenggarakan kegiatan Indonesia Investment Festival (INVESTIVAL) 2022 salah satunya Olimpiade Pasar Modal. (sumber: Ist)

BANDAR LAMPUNG – Salah satu bentuk rangkaian dari kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tahun 2022 dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai pasar modal, OJK Lampung dan BEI Perwakilan Lampung menyelenggarakan kegiatan Indonesia Investment Festival (INVESTIVAL).

Menariknya pada tahun ini salah satu kegiatannya adalah Olimpiade Pasar Modal Tahun 2022 untuk Tingkat SMA dan Perguruan Tinggi se-Provinsi Lampung berlangsung di Ballroom Hotel Horison pada Senin, 24 Oktober 2022.

BIK telah ditetapkan sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan sejak 2016 dalam rangka mendukung target inklusi keuangan tahun 2024 sebesar 90% sesuai peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) dan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekenomian Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

“Perkembangan Pasar Modal di Provinsi Lampung dari tahun ke tahun terus memperlihatkan pertumbuhan yang positif. Hingga Agustus tahun 2022, jumlah SID di Lampung tercatat sebanyak 229.648 investor atau 2,42% dari total investor nasional dengan jumlah investor terbanyak berada di Kota Bandar Lampung sebesar 82.413 investor atau 35,88% dari total investor di Lampung dan Pertumbuhan investor mayoritas masih didominasi oleh kaum milenial dan generasi Z (Pelajar dan Mahasiswa) yang berumur di bawah 30 tahun.” kata Kepala OJK Lampung Bambang Hermanto.

Pada kegiatan Olimpiade Pasar Modal ini dilaksanakan kompetisi Stocklab dan Ranking 1 yang diikuti oleh kurang lebih 200 orang peserta dari 10 (sepuluh) perwakilan SMA dan 7 (tujuh) perwakilan Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung.

“Melalui kegiatan ini, OJK dan BEI memberikan pengenalan dan pemahaman mengenai Pasar Modal secara “Fun” dengan harapan kedepannya adik-adik pelajar dan mahasiswa dapat mendalami pasar modal dibanding dengan diadakan seminar, sampai akhirnya nanti menjadi investor yang dapat meningkatkan perekonomian," tambah Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Lampung Hendi Prayogi.

Hendi melanjutkan, dalam rangka memeriahkan bulan inklusi keuangan tahun 2022, industri pasar modal tidak hanya menyelenggarakan Olimpiade Pasar Modal saja namun juga beberapa kegiatan diantaranya kompetisi virtual trading yang diikuti oleh seluruh desa inklusi keuangan di provinsi Lampung.

“Kegiatan sosialisasi dan edukasi juga kami lakukan seperti sekolah pasar modal untuk negeri kepada kurang lebih 200 perawat dari PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) kabupaten Mesuji, capital Market goes to Pesantren dan juga Capital Market Goes to Campus,”tutup Hendi.

Berikut para pemenang lomba Stocklab dan Ranking 1 dalam Olimpiade Pasar Modal Tahun 2022:

Pemenang Stocklab Kategori SMA:

Juara 1 : Vinella A. William - SMA Xaverius Bandar Lampung
Juara 2 : M. Arlan - SMAN 9 Bandar Lampung
Juara 3 : Haikal Zulius S. - SMK K BPK Penabur Bandar Lampung

Harapan 1 : Putri Tahara - SMAN 9 Bandar Lampung
Harapan 2 : Ahmad M. Alfarid - SMA YP Unila Bandar Lampung

Pemenang Stocklab Kategori Perguruan Tinggi:

Juara 1 : Kisy Kurniawaty S. - IBI Darmajaya
Juara 2 : Rahmat Afrenal - FEB Unila
Juara 3 : Salsabila Sonia - FEB Unila
Harapan 1 : Diah Zahra R. - UM Metro
Harapan 2 : Sandi Putra R. - IBI Darmajaya

Pemenang Ranking 1 Kategori SMA:

Juara 1 : Calista Patricia Jojo - SMA Xaverius Bandar Lampung
Juara 2 : Naura Silvania Putri - SMKN 4 Bandar Lampung
Juara 3 : Dania Zahra Ayusti - SMAN 2 Bandar Lampung
Harapan 1 : Mickhael Silvestre Lius - SMK K BPK Penabur Bandar Lampung
Harapan 2 : Dafina Khairani Sopian - SMA YP Unila Bandar Lampung
Harapan 2 : Jesica Simson - SMA Xaverius Bandar Lampung

Pemenang Ranking 1 Kategori Perguruan Tinggi:

Juara 1 : Anis Muthi'ah Asri - FEB Unila
Juara 2 : Dwi Septianti - FISIP Unila 
Juara 3 : Beni Mulyo Raharjo - IAIN Metro
Harapan 1 : Anita Tri Milza - UIN Raden Intan Lampung
Harapan 2 : Latifah Munawaroh - UM Metro

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS