Miris! Nasabah Masih Menjadi Korban Pertumbuhan Kredit dan Laba Perbankan

Yunike Purnama - Sabtu, 15 Juli 2023 05:46
Miris! Nasabah Masih Menjadi Korban Pertumbuhan Kredit dan Laba PerbankanKoordinator Indonesia Financial Watch (IFW) Abraham Runga Mali (sumber: Ist)

JAKARTA – Sektor perbankan dinilai masih abai pada sistem keamanan digital di tengah pelesatan pertumbuhan kredit dan kinerja, sehingga mengorbankan hak-hak para nasabah.

Koordinator Indonesia Financial Watch (IFW) Abraham Runga Mali menilai, saat ini sektor perbankan hanya fokus meraup keuntungan sebesar-besarnya dari rakyat. Di sisi lain, hak-hak para nasabah masih dikesampingkan.

“ini kondisi yang miris! Para bankir mengambil keuntungan yang besar di atas parahnya sistem perbankan dan hak-hak nasabah yang belum dapat dipertanggungjawabkan sepenuhnya,” ujarnya kepada TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com Jumat, 14 Juli 2023.

Abraham menyoroti sejumlah permasalahan perbankan hari-hari ini, seperti serangan siber PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), kredit fiktif PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), hingga transaksi janggal PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA).

“Sebagai bisnis yang mengedepankan kepercayaan publik dan good corporate governance (GCG), saya pikir perbankan kita masih gagal walaupun mereka berhasil meraup keuntungan yang fantastis,” tegas dia.

Dia juga menyinggung peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang masih setengah hati dalam menjaga kepentingan nasabah di Tanah Air. Menurutnya, OJK justru lebih berpihak pada kepentingan ‘pemain’ di industri perbankan. 

“OJK sampai saat ini masih kami anggap melempem! Pekerjaan mereka masih jauh dari memuaskan dalam menjaga hak-hak nasabah,” imbuhnya.

Kilap Kredit dan Kinerja Perbankan

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Handiman Soetoyo mengungkapkan kenaikan pertumbuhan kredit 9,4% secara tahunan (year-on-year/yoy) pada periode Mei 2023 dengan total kredit dalam sistem perbankan mencapai Rp6,58 triliun. 

Menurutnya, pertumbuhan kredit yang lebih tinggi tersebut didorong oleh permintaan yang kuat seiring dengan peningkatan kinerja pada segmen korporasi, dibarengi dengan likuiditas yang cukup dan kebijakan penyaluran kredit yang longgar.

“Gross NPL turun menjadi 2,52 persen yang kami yakini sebagian disebabkan oleh pertumbuhan kredit yang lebih kuat,” ujarnya dalam sebuah riset yang diterima TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Indonesia Prasetya Gunadi menyebutkan bahwa sektor perbankan membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 17,5% yoy pada lima bulan pertama tahun ini.

“Pertumbuhan laba bersih tersebut terutama didorong oleh penurunan biaya provisi menjadi Rp26,4 triliun atau turun 10,3 persen yoy,” imbuhnya dalam sebuah riset.

Pada kesempatan yang sama, lanjut Gunadi, likuiditas perbankan masih cukup melimpah, dengan LDR gabungan sebesar 82,3% yoy pada Mei 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dengan nilai 80,9%. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS