Kagama Lampung Sambut Mahasiswa KKN PPM UGM di Desa Pemanggilan Natar

Redaksi - Sabtu, 08 Juli 2023 15:10
Kagama Lampung Sambut Mahasiswa KKN PPM UGM di Desa Pemanggilan NatarPengurus Daerah Keluarga Alumni Gadjah Mada (Pemuda Kagama) menyambut mahasiswa KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) di SMA Tri Sukses, Desa Pemanggilan, Kecamatan Natar, Sabtu (8/7/2023). (sumber: Dok. Kagama Lampung)

LAMPUNG SELATAN – Pengurus Daerah Keluarga Alumni Gadjah Mada (Pemuda Kagama) menyambut mahasiswa KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) di SMA Tri Sukses, Desa Pemanggilan, Kecamatan Natar, Sabtu (8/7/2023).

Kegiatan ini diikuti 29 mahasiswa  UGM dari berbagai jurusan dan fakultas. KKN berlangsung sejak 26 Juni hingga 11 Agustus 2023 dengan  tema Program Kampung Iklim (ProKlim).

Ada 150 program yang direncanakan, antara lain instalasi pemanenan air hujan, lampu surya, pengenalan dan pengayaan berbagai jenis tanaman, pengelolaan sampah, stunting, pemetaan wilayah, dan membiasakan anak untuk minum air putih.

Dari Kagama Lampung hadir sejumlah pengurus, di antaranya Prof. Dr. Suharno, Dr. Sri Waluyo, Soni Wicaksono, Hani Lina, Sri Wahyuni, Erna Rochana, Elly Rustiati, Wilia Novi Aryani, dan Heri Herman.

Wakil Ketua Pengda Kagama Lampung Prof. Dr. Suharno menyambut baik kedatangan para mahasiswa.

"Kagama Lampung termasuk salah satu Pengda yang aktif dan banyak kegiatan, silahkan bersosialisasi dan belajar sebanyak-banyaknya selama di Lampung," ujar Suharno.

Kepala Desa Pemanggilan, Hasbi mengatakan, luas wilayah Desa Pemanggilan 550 hektare dengan 37 RT. Akibatnya, membuang sampah pun susah.

Menurutnya, mahasiswa KKN asal UGM dilibatkan dalam semua kegiatan yang ada di Desa Pemanggilan, Natar.

Dosen Pembimbing Lapangan, Atus Syahbudin mengatakan, KKN PPM UGM dilaksanakan di 3 dusun di Desa Pemanggilan, Natar.

Kegiatan ini bertema, program kampung iklim, dengan program antara lain, memperbanyak tutupan hijau, optimalisasi pekarangan dengan sayur mayur dan pohon buah, keamanan pangan, pengelolaan sampah, kesehatan masyarakat, mengolahragakan masyarakat. (*/Rls)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS