Menteri Airlangga Sebut Ada 8 PSN Siap Diresmikan Preside

Yunike Purnama - Kamis, 14 September 2023 19:08
Menteri Airlangga Sebut Ada 8 PSN Siap Diresmikan PresideMenteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan ada delapan proyek strategis nasional (PSN) yang siap dioperasikan. (sumber: Ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan ada delapan proyek strategis nasional (PSN) yang siap dioperasikan.

Airlangga berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat turut serta meresmikannya dalam waktu dekat. Menko merinci PSN ini mencangkup proyek jalan tol, proyek kawasan pariwisata, proyek kawasan industri, dan proyek industri katalis merah putih.

"Kami mohon perkenan Bapak Presiden dapat meresmikannya dalam waktu dekat ini mengingat kehadiran Bapak Presiden juga sudah dinantikan masyarakat setempat," kata Airlangga dalam Infrastructure Forum di Jakarta pada Rabu 14 September 2023.

Airlangga merinci lebih lanjut delapan PSN tersebut meliputi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6, Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi I, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2, serta Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3. "Industri Katalis Merah Putih, Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A, Kawasan Pariwisata Parapuar DPSP Labuan Bajo Flores, dan Kawasan Industri Weda Bay.

Lebih lanjut, Airlangga juga melaporkan bahwa PSN yang sudah selesai mencakup pengembangan kawasan (industri, pariwisata, perdagangan dan residensial), jalan dan jembatan, energi (migas), bandar udara, Smelter dan Pengembangan Ekosistem EV (baterai).

Selanjutnya, untuk mempercepat pembangunan proyek–proyek prioritas, memerlukan investasi yang besar dan tidak dapat hanya bergantung pada APBN  atau APBD.

Lebih lanjut pemerintah telah menyusun rancangan peraturan skema pembiayaan non-APBN seperti Hak Pengelolaan Terbatas (Limited Concession Scheme) dan Land Value Capture.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, peringkat daya saing RI naik menjadi posisi ke-34 dari sebelumnya di angka 44. Hal ini diakui Jokowi karena pembangunan infrastruktur yang kian masif tahun ke tahun.

Jokowi mengatakan seiring masifnya pembangunan jangan sampai ada yang mangkrak termasuk Proyek Strategis nasional (PSN).

Dalam paparannya Jokowi mengatakan, dalam 8 tahun terakhir, sebanyak 161 PSN yang telah dibangun. Di mana telah menyerap 11 juta tenaga kerja, hal inilah yang menjadi faktor peningkatan daya saing Indonesia di mata Dunia.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS