Mengenal Manfaat Utama Buah Blueberry untuk Kesehatan

Yunike Purnama - Rabu, 30 Agustus 2023 08:41
Mengenal Manfaat Utama Buah Blueberry untuk KesehatanBlueberry merupakan buah dengan ukuran kecil namun memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Blueberry merupakan buah dengan ukuran kecil namun memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan. Melansir Britannica, blueberry dijuluki sebagai makanan super karena memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin K, mangan, zat besi, dan berbagai antioksidan yang sangat menguntungkan bagi kesehatan. 

Blueberry tumbuh paling baik di tanah yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan memiliki drainase baik namun tetap mempertahankan kelembaban yang baik. Blueberry tumbuh dengan baik di lingkungan beriklim sejuk.

Melansir Dr Axe, blueberry memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Berikut ulasannya.

1. Membantu Melawan Kanker

Blueberry mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, blueberry dapat membantu mencegah kerusakan sel, tetapi juga melindungi dari beberapa jenis penyakit kronis, termasuk kanker. Blueberry mengandung antioksidan spesifik, termasuk fenol, flavonoid , dan antosianin.

Suatu studi mengungkapkan bahwa ekstrak blueberry memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Penelitian yang dilakukan pada hewan, khususnya tikus yang mengidap kanker payudara, menggunakan bubuk blueberry, menunjukkan bahwa bubuk blueberry mampu mengurangi ukuran tumor hingga 40%. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa jus blueberry memiliki efek menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker, termasuk kanker perut, prostat, usus, dan payudara.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi blueberry dapat menurunkan resiko penyakit jantung.Sebuah studi tahun 2015, menemukan bahwa makan blueberry setiap hari selama delapan minggu mengakibatkan penurunan tekanan darah.

Penelitian lain di Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa suplemen blueberry dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL teroksidasi yang lebih besar, yang merupakan risiko utama penyakit jantung. Namun, manfaat blueberry tersebut dapat dimaksimalkan dengan pola makan seimbang, gaya hidup sehat, dan olahraga teratur.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa blueberry dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya ingat serta fungsi kognisi. Pada anak, dengan mengonsumsi blueberry terbukti dapat meningkatkan kinerja kognitif. Sedangkan untuk orang dewasa, terbukti mampu meningkatkan daya ingat ketika meminum jus blueberry selama 12 minggu.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS