Mau Coba 10-30 Menit Power Nap di Jam Istirahat Kerja? Ternyata Ini Manfaatnya

Yunike Purnama - Rabu, 25 Januari 2023 15:03
Mau Coba 10-30 Menit Power Nap di Jam Istirahat Kerja? Ternyata Ini ManfaatnyaPower nap atau dalam bahasa Indonesia tidur ayam-ayam adalah tidur singkat di siang hari dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau slow wave sleep. (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Istilah power nap pertama kali diperkenalkan oleh James Maas, seorang psikolog sosial dari Cornel University. 

Power nap atau dalam bahasa Indonesia tidur ayam-ayam adalah tidur singkat di siang hari dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau slow wave sleep. 

Tujuan dari power nap adalah untuk memulihkan kesegaran tubuh sehingga Anda kembali bugar dan bersemangat.

Durasi power nap dapat beragam mulai dari 10 hingga 30 menit. Anda pun dapat mencobanya di sela-sela jam istirahat di kantor. Berikut adalah 4 manfaat power nap.

1. Meningkatkan Fokus 
Power nap selama 10-30 menit mampu mengistirahatkan otak Anda. Power nap juga mampu menjernihkan pikiran sehingga kinerja otak akan pulih setelah bangun. Hal ini tentu membuat Anda lebih fokus dan berkonsentrasi selama bekerja.

2. Meningkatkan Produktivitas
Fokus dan konsentrasi yang Anda dapatkan ketika melakukan power nap tentu membuat produktivitas Anda lebih meningkat juga. Hal ini membuat pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai dengan kinerja Anda yang lebih maksimal.

3. Meningkatkan Kekuatan Otak
Dilansir dari berbagai sumber power nap dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan otak. Hal ini meliputi membantu proses informasi, meningkatkan waktu reaksi, dan berpotensi untuk mempengaruhi perilaku setelah bangun.

4. Menurunkan Risiko Serangan Jantung 
Sebuah penelitian di Swiss menunjukkan bahwa tidur siang mampu mengurangi risiko terkena penyakit serangan jantung dan stroke. Tidur siang singkat yang berkualitas juga meningkatkan kesehatan jantung sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit jantung.

Nah, berikut tadi adalah artikel mengenai 4 manfaat power nap. Semoga bermanfaat! (*)

Editor: Redaksi
Tags power napBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS