M. Rofi Terpilih Menjadi Ketum SPBUN PT SGN Periode 2023-2028

Yunike Purnama - Senin, 26 Juni 2023 15:11
M. Rofi Terpilih Menjadi Ketum SPBUN PT SGN Periode 2023-2028M. Rofi Terpilih Menjadi Ketum SPBUN PT SGN Periode 2023-2028 (sumber: Ist)

SURABAYA - Musyawarah Nasional (Munas) Pembentukan Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara (SPBUN) PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) yang berlangsung di Surabaya, 24-26 Juni 2023 telah berhasil menetapkan AD, ART dan Program kerja dan memilih Ketua Umum periode 2023-2028.  

M. Rofi yang dialih tugaskan dari PTPN XI ke PT SGN terpilih sebagai Ketua Umum dengan mendapatkan dukungan 27 Suara dari 36 SPBUN Tingkat Basis/Unit Kerja di Pabrik Gula seluruh Indonesia dalam penjaringan calon.  

Selain M. Rofi,  muncul dua nama lainnya yaitu Dedi (Ketua Umum SPBUN PT Industri Gula Glenmore/IGG) yang mendapatkan 1 suara dan Suyitno (Ketua Umum SPBUN PTPN X) yang mendapat 8 suara. Dengan 75% suara penjaringan calon tersebut, sesuai mekanisme pemilihan Ketua Umum yang ditetapkan dalam tata tertib sidang, maka M. Rofi langsung ditetapkan secara aklamasi sebagai Ketua Umum SPBUN PT SGN Masa Bakti 2023-208.

Usai terpilih, M. Rofi sebagai formatur tunggal bergerak cepat menyusun kepengurusan SPBUN PT SGN dengan mengakomodir berbagai unsur dari perwakilan SPBUN Tingkat Basis/Unit Kerja.  

Novian Maulana dari PTPN X menjadi Sekretaris Jenderal dan Saein Kodir dari PTPN X sebagai Bendahara Umum.

Dalam sambutannya setelah ditetapkan sebagai Ketua Umum terpilih, M. Rofi menekankan perlunya soliditas organisasi dan seluruh organisasi harus bergerak bersama dalam satu komando.  

“Kalau saya sebagai Ketua Umum mengatakan 1, maka semua unsur organisasi harus bergerak sama tidak boleh ada yang berbeda-beda.  Teman-teman telah memberikan amanah kepada saya maka untuk efektivitas organisasi kita harus menyatukan visi dan langkah”, ujar mantan Ketua SPBUN PTPN XI itu.  

M. Rofi juga menyatakan komitmennya untuk optimal menjalankan amanah dengan mewakafkan dirinya untuk perjuangan SPBUN PT SGN.  

M. Rofi dan jajaran pengurus SPBUN PT SGN dikukuhkan oleh Ketua Umum FSPBUN Asmanudin Sinaga didampingi oleh Sekretaris Jenderal FSPBUN Gallif Faizal Rida, Bendahara Umum Rina Tanjung dan jajaran Pengurus Harian FSPBUN dalam rangkaian acara penutupan Munas Pembentukan SPBUN PT SGN.  

Acara pengukuhan pengurus dan penutupan Munas juga dihadiri oleh Suhendri (Direktur PT SGN), Aris Toharisman (Direktur Utama PT SGN),  Tuhu Bangun (Direktur PTPN X), Tulus (Direktur PTPN XII), Tio Handoko (Direktur PTPN XIV), Kadiv SDM Holding Perkebunan Nusantara mewakili Direktur SDM dan para pejabat PT SGN dan Holding Perkebunan Nusantara.

Asmanudin Sinaga berpesan kepada para pengurus SPBUN PT SGN agar mengedepankan komunikasi dan menjadi problem solver dalam berbagai permasalahan yang ada dan bukan justru menjadi trouble maker.  

“Tidak jamannya lagi SP mengedor-gedor, tapi sampaikanlah usulan-usulan yang solutif terhadap permasalahan yang ada.  Kuncinya adalah komunikasi yang baik dari kedua belah pihak”, tambahnya.  

Sementara itu Suhendri selaku Direktur PT SGN menyampaikan bahwa pembentukan SPBUN PT SGN bukan hanya ditunggu oleh para karyawan, namun juga oleh Manajemen.  

Karena Manajemen PT SGN perlu kejelasan dengan siapa bermitra dalam menjalankan hubungan industrial antara karyawan dan pekerja.  Dengan kemitraan yang harmonis diharapkan dapat saling mendukung dan menjaga keberlangsungan perusahaan sebagai rumah bersama.

Direktur Utama PT SGN, Aris Toharisman yang memberikan sambutan mewakili Direksi Holding Perkebunan Nusantara menyampaikan optimismenya bahwa akan terjalin kerjasama yang baik dengan SPBUN PT SGN.  Menurutnya, para pengurus SPBUN PT SGN adalah orang-orang yang sudah sering berinteraksi dan bisa saling memahami dengan Manajemen SDM. 

“Periode kepengurusan SPBUN PT SGN 2023-2028 sama dengan roadmap strategis PT SGN 2023-2028 dalam mendukung tercapainya swasembada gula nasional.  Dengan Sinergi yang baik, maka SPBUN dan Manajemen PT SGN akan dapat bekerjasama memuwujudkan cita-cita meraih swasembada gula nasional” kata Aris.
(*).

Editor: Redaksi
Tags PTPN VIIPT SGNSPBUNBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS