Lebaran 2022 BI Lampung Sediakan Rp4 Triliun Penukaran Uang Baru

Yunike Purnama - Kamis, 07 April 2022 09:04
Lebaran 2022 BI Lampung Sediakan Rp4 Triliun Penukaran Uang BaruBI Siapkan Uang Rp25,6 Triliun dan 148 Lokasi Penukaran Uang Baru di Jateng dan DIY (sumber: ilustrasi uang rupiah baru/bi.go.id)

BANDARLAMPUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menyiapkan uang pecahan baru senilai Rp4 triliun. Dana itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Deputi Kepala BI Lampung, Tony Noor Tjahjono mengatakan, uang tunai disiapkan tersebut diproyeksikan untuk penukaran uang diprediksi akan meningkat hingga 21 persen pada momen lebaran 2022, bila dibandingkan dari tahun sebelumnya.

"Kegiatan layanan kas di Ramadan tahun ini sudah kita mulai dari 4 hingga 29 April, dengan menyiapkan 4 triliun rupiah. Angka tersebut meningkat 21 persen, dari tahun lalu dengan nominal uang tunai 3,3 triliun," ujarnya Rabu, 6 April 2022.

Lebih lanjut Tony menjelaskan, nilai uang tunai sebesar Rp4 triliun tersebut merupakan hasil pendataan terhadap kebutuhan masyarakat Provinsi Lampung pada perbankan. Menurutnya, seluruh uang tunai ini disiapkan mulai dari pecahan 100 ribu Rupiah hingga uang logam 100 Rupiah.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan layanan perbankan penukaran uang tunai tersebut di sebanyak 169 kantor cabang bank tersebar di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

"Penukaran uang Lebih lanjut Tony menjelaskan, nilai uang tunai sebesar Rp4 triliun tersebut merupakan hasil pendataan terhadap kebutuhan masyarakat Provinsi Lampung pada perbankan. Menurutnya, seluruh uang tunai ini disiapkan mulai dari pecahan 100 ribu Rupiah hingga uang logam 100 Rupiah.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan layanan perbankan penukaran uang tunai tersebut di sebanyak 169 kantor cabang bank tersebar di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

"Penukaran uang ini bisa juga mendatangi langsung kantor BI ataupun sejumlah bank sudah memasang banner dengan tema tahun ini yaitu, Serambi Rupiah Ramadan," katanya.

2. Pertukaran uang biasa diakses melalui aplikasi Pintar BI

Tony turut menyampaikan, BI Perwakilan Provinsi Lampung juga turut melayani pesanan penukaran uang melalui website https://pintar.bi.go.id, sehingga nantinya masyarakat tinggal bertransaksi melalui kegiatan kas keliling di beberapa lokasi.

"Penjadwalannya dapat dilihat melalui aplikasi atau website resmi BI tersebut, masyarakat juga bisa melihat list lokasi mana saja akan kita singgahi. Sebab kita tidak tiap hari turun ke lapangan, ada jadwal-jadwalnya," kata dia.

Bila masyarakat hendak menukarkan uang lewat aplikasi resmi BI tersebut, itu diharapkan paling lambat atau maksimal H-1. "Kami akan mendahulukan pertukaran uang melalui aplikasi, untuk tidak ingin melewati aplikasi masyarakat juga tetap dapat mendatangi kantor perbankan wilayah masing-masing," lanjutnya.

3. Tiap orang maksimal menukar uang Rp3,8 juta

Terkait teknisi pertukaran pecahan uang tunai di tahun ini, Tony mengatakan, masing-masing masyarakat alias per individu hanya diperkenankan bertransaksi atau menukar uang pecahan maksimal senilai Rp3,8 juta dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Umumnya, puncak penukaran uang tersebut biasa terjadi pada minggu ketiga Ramadan atau sepekan sebelum menjelang Hari Raya Idul Fitri. Meski demikian, BI Perwakilan Provinsi Lampung akan memastikan ketersediaan uang tunai untuk penukaran uang akan terus mencukupi hingga 29 April 2022 mendatang.

Maka dari itu, Tony juga menghimbau agar masyarakat dapat menukarkan uang tunai kepada pihak-pihak resmi, khususnya perbankan guna menghindari upaya aksi kriminalitas.

"Kami siap melayani masyarakat, pelayanan ini tidak ada potongan dan bertujuan menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti aksi penipuan dan pemalsuan uang. Kami pastikan pertukaran uang tunai tahun ini akan mencukupi," kata dia.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS