BI: Tukar Uang Baru Sudah Bisa Pesan Lewat Aplikasi PINTAR

Yunike Purnama - Rabu, 06 April 2022 19:04
BI: Tukar Uang Baru Sudah Bisa Pesan Lewat Aplikasi PINTARBank Indonesia (BI) melakukan terobosan baru dengan mengunakan aplikasi PINTAR untuk menukarkan uang tunai. (sumber: bi.go.id)

BANDARLAMPUNG - Masyarakat kini tak perlu berdesak-desakan jika ingin menukarkan uang tunai untuk keperluan lebaran. Pasalnya, Bank Indonesia (BI) melakukan terobosan baru dengan mengunakan aplikasi PINTAR untuk menukarkan uang tunai.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan penukaran uang tunai selama momen Ramadan dan Idul Fitri pada tahun ini bisa dipesan melalui laman resmi aplikasi PINTAR, yakni https://pintar.bi.go.id/.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa memesan jumlah uang yang akan ditukar dan memilih lokasi penukaran terdekat terlebih dahulu dengan menggunakan NIK KTP, sehingga tak perlu lagi berdesak-desakan dalam mencari lokasi mobil kas keliling BI.

"Sangat sederhana caranya, setelah memesan masyarakat bisa langsung datang ke lokasi yang telah dipilih dengan membawa bukti pemesanan dan uang yang akan ditukarkan," ucap Marlison dikutip Rabu, 6 April 2022.

Ia menuturkan pemesanan penukaran uang di mobil kas keliling BI sudah bisa dilakukan mulai tanggal 4 April 2022, selama kuota harian penukaran tersedia.

Demi menghindari kerumunan, penukaran uang pada mobil kas keliling BI dilakukan dengan protokol kesehatan dan dibatasi hanya untuk 50-100 orang per harinya.

Selain itu, kata dia, penukaran uang tunai menjelang Idul Fitri juga dibatasi sebesar 3,8 juta per orang, dengan pecahan Rp1.000 sampai dengan Rp20.000 masing-masing satu pak.

"Ini dilakukan untuk pemerataan agar uang pecahan tidak tersebar pada orang tertentu saja," ujarnya.

Marlison menyebutkan mobil kas keliling BI selama momen Ramadan akan tersebar di berbagai tempat ramai seperti stasiun, terminal, hingga pasar.

Selain mobil kas keliling BI, akan terdapat pula mobil kas keliling 15 bank BUMN, swasta, syariah, hingga Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang menyediakan penukaran uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

"Jadi masyarakat juga bisa langsung mengunjungi mobil kas keliling perbankan untuk menukarkan uang, selain di mobil kas keliling BI dan kantor bank," ungkap Marlison.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS