Lampung Begawi Akselerasi Pemulihan Ekonomi Dukung UMKM Lokal

Yunike Purnama - Sabtu, 20 Agustus 2022 21:45
Lampung Begawi Akselerasi Pemulihan Ekonomi Dukung UMKM LokalKantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan para pemangku kepentingan terkait menyelenggarakan Lampung Begawi. (sumber: BI Lampung )

BANDAR LAMPUNG - Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan para pemangku kepentingan terkait menyelenggarakan Lampung Begawi pada 19-21 Agustus 2022, dari jam 09.00 – 21.00 WIB, di Lapangan Enggal, Kota Bandar Lampung.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono mengatakan, Lampung Begawi tahun ini mengambil tema Hanggum Sani’an Lappung atau yang berarti Bangga Buatan Lampung.

"Lampung Begawi terdiri dari serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi daerah melalui pengembangan UMKM, investasi, ekonomi digital, dan ekonomi syariah,"paparnya saat opening ceremony Lampung Begawi.

Pada event Lampung Begawi ini, terdapat pameran lebih dari 100 (seratus) UMKM Food, Fashion, Craft, & Culinary yang telah melalui proses kurasi, yang sebagian besarnya merupakan hasil pendampingan Bank Indonesia dalam pemasaran digital dan pelatihan lainnya.

Selain berbelanja di booth UMKM, masyarakat juga dapat mengunjungi booth layanan dan konsultasi mengenai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), perbankan, perizinan terkait produk UMKM, sertifikasi Halal dan layanan Zakat, Infaq dan Sadaqah, yang disediakan oleh lembaga terkait. 

Upaya untuk mendorong pengembangan UMKM secara end to end melalui pilar peningkatan kapasitas dan pembiayaan dikemas dalam talkshow menarik di berbagai forum edukasi dengan beragam substansi diantaranya sertifikasi, pembiayaan, digitalisasi, ekspor, green product, dan investasi menuju UMKM Lampung yang semakin naik kelas.

Lampung Begawi dibuka oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono pada 19 Agustus 2022.

Dalam pembukaan acara terdapat prosesi penyerahan sertifikat halal serta penandatanganan akad kredit sebagai bentuk hasil pendampingan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait dalam rangka pengembangan UMKM.

Gerakan Urban Farming

Di samping itu, dilakukan juga pra pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) sebagai aksi gerak cepat pengendalian inflasi pangan, yang ditandai dengan gerakan urban farming 77.000 bibit cabai kepada KWT di Provinsi Lampung.

Dapat Menukar Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022

Sebagai bentuk kepedulian sosial dan penyediaan Rupiah yang layak edar, event ini juga menyediakan layanan donor darah dan penukaran uang termasuk uang Rupiah kertas baru tahun emisi 2022.

Lampung Begawi ini dilaksanakan di Lapangan Enggal mulai dari jam 09:00 s.d 21:30 dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada media sosial resmi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung @Bank_Indonesia_KPwLampung.

Beragam Lomba Inspiratif

Dalam rangka menyemarakkan event ini, dilaksanakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kebanksentralan yang ditujukan untuk generasi muda, kegiatan fashion show sebagai sarana pameran produk fesyen unggulan, business matching untuk mendorong ekspor, lomba story telling Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah, serta berbagai kegiatan dan perlombaan terkait lainnya.

Transaksi Non Tunai Gunakan QRIS

Seluruh pembayaran di tenant juga wajib dilakukan secara non tunai menggunakan QRIS untuk mendukung perluasan dan peningkatan utilisasi QRIS serta mendukung Pekan QRIS Nasional (PQN) di Provinsi Lampung. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS