Kuliah Umum Poltekkes Kesuma Bangsa Paparkan Strategi Komunikasi Efektif Pelayanan Kesehatan

Yunike Purnama - Selasa, 17 Januari 2023 09:47
Kuliah Umum Poltekkes Kesuma Bangsa Paparkan Strategi Komunikasi Efektif Pelayanan KesehatanNarasumber dari Lead Consultant JA Psychology Consultant sekaligus Dosen Universitas Negeri Jakarta, Dr. (Can) Juriana, M.Si, Psikolog. (sumber: Tangkapan layar zoom)

BANDAR LAMPUNG – Dalam proses pelayanan kesehatan diharapkan mampu menyampaikan pesan melalui sebuah komunikasi yang baik, terstruktur, dan memiliki makna yang baik kepada pasien.

Mendasari hal tersebut, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kesuma Bangsa menggelar kegiatan kuliah umum secara daring pada Senin, 16 Januari 2023.

Dengan mengangkat tema 'Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Segi Psikologis' menghadirkan narasumber  Lead Consultant JA Psychology Consultant sekaligus Dosen Universitas Negeri Jakarta, Dr. (Can) Juriana, M.Si, Psikolog.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kesuma Bangsa, M. Yusuf Kohar, S.E., M.M, mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum sangat bermanfaat untuk civitas akademika Poltekkes Kesuma Bangsa, karena ilmu psikologi ini sebenarnya tidak ada pada kurikulum perguruan tinggi, namun dalam bidang komunikasi efektif tersebut merupakan mata kuliah wajib di Poltekkes Kesuma Bangsa.

Sehingga civitas akademika Poltekkes Kesuma Bangsa menjadi tahu dan belajar bagaimana membaca karakter pasien yang pada akhirnya penyampaian komunikasi berjalan dengan lancar.

“Terima kasih atas kehadiran narasumber, psikologi ini ilmu yang tidak ada di kurikulum kami, tapi komunikasinya ada, sehingga kami akan belajar bagaimana membaca karakter pasien baru menyampaikan informasi sesuai tatanan komunikasi yang baik,” ucapanya.

Dalam Paparannya, narasumber seminar, Dr. (Can) Juriana, M.Si, Psikolog menyampaikan bagaimana setiap mahasiswa khususnya dibidang kesehatan harus memiliki strategi dalam membaca pola karakter pasien, dan strategi dalam penyampaian pesan kepada pasien. Namun, yang menjadi catatan adalah pelayan kesehatan merupakan pemegang kendali dalam informasi kesehatan, sehingga informasi yang disampaikan harus bisa diterima oleh pasien tersebut.

“Jadi untuk teman-teman mahasiswa yang sudah merasakan bekerja dalam bidang pelayanan kesehatan maupun yang belum, kalian harus bisa membentuk suatu strategi dalam membaca karateristik pasien dan strategi bagaimana kalian menyampaikan pesan tersebut kepada pasien, jangan sampai kalian dikendalikan oleh pasien hanya dengan pendapatnya, tetapi kalian harus bisa menyampaikan data yang harus bisa diserap oleh pasien, baru itu yang disebut komunikasi efektif,” ucap Yana sapaan akrabnya.

Terakhir dalam acara kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab dari setiap peserta kuliah umum yang diikuti puluhan mahasiswa Poltekkes Kesuma Bangsa dan foto bersama pimpinan serta narasumber. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS