Daftar 22 Nama Calon Ketum dan Waketum PSSI

Yunike Purnama - Selasa, 17 Januari 2023 07:20
Daftar 22 Nama Calon Ketum dan Waketum PSSIKomite Pemilihan PSSI memastikan ada lima kandidat ketua umum (ketum) dan 17 wakil ketua umum (waketum) yang berpotensi bersaing dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, 16 Februari 2023. (sumber: pssi.org)

JAKARTA - Komite Pemilihan PSSI memastikan ada lima kandidat ketua umum (ketum) dan 17 wakil ketua umum (waketum) yang berpotensi bersaing dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, 16 Februari 2023. Selain itu Komite Pemilihan mengumumkan 78 pendaftar anggota Exco PSSI.

Dilansir pssi.org, Senin 16 Januari 2023 malam, deretan nama yang mendaftar calon ketum PSSI periode 2023-2027 yakni La Nyalla Mahmud Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Ferry Jemi Francis. Sementara itu, ada nama-nama seperti Zainuddin Amali, Ratu Tisha Destria, Yunus Nusi, Andre Rosiade, Hasani Abdulgani, Azrul Ananda hingga Iwan Budianto yang meramaikan bursa caketum.

Nama Zainuddin Amali cukup mengejutkan mengingat dia kini masih sibuk dengan jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga. Majunya Iwan Budianto juga di luar dugaan mengingat dia baru saja menyampaikan bakal menarik diri dari PSSI buntut Tragedi Kanjuruhan.

Ketua Komite Pemilihan, Amir Burhanuddin, mengatakan pendaftaran bakal calon ketum, waketum, dan Exco PSSI ditutup Senin 16 Januari 2023 pukul 18.00 WIB. Amir menguraikan ada lima nama calon ketum, 17 calon waketum dan 78 nama calon Exco yang dikantongi PSSI. Amir menyataan data tersebut belum diverifikasi kelayakannya.

“Ini hanya list nama yang masuk dari tahapan penyampaian dukungan dari anggota atau kesediaan dari calon,” ujar Amir.

Pihaknya segera melakukan verifikasi kelengkapan dokumen kandidat serta dukungan calon untuk tahap selanjutnya. Menurut Amir, verifikasi penting agar pendaftar dapat melengkapi kekurangan berkas yang diperlukan untuk bersaing di KLB. Komite Pemilihan akan mengumumkan hasil verifikasi berkas pada 19 Januari 2023. “Mulai tanggal 19 sampai 21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini agar lolos ke tahap selanjutnya,” jelas Amir.

Komite Pemilihan memiliki waktu 10 hari setelah tahap melengkapi dokumen dari para bakal calon dan anggota PSSI. Selanjutnya, Komite Pemilihan akan mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI pada 31 Januari 2023. “ Tanggal 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota PSSI dapat menyampaikan permohonan dan banding kepada Komite Banding Pemilihan jika tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara Komite Eksekutif anggota PSSI,” ujar Amir.

Lebih jauh, Komite Pemilihan PSSI mengapresiasi tingginya antusiasme para pendaftar yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. “Ini menunjukkan banyak yang berkeinginan membangun masa depan PSSI lebih maju dan berprestasi,” ucap Amir.

Daftar Calon Ketua Umum PSSI 
-Erick Thohir

-La Nyalla Mattalitti

-Doni Setiabudi

- Arif Putra Wicaksono

-Fary Djemy Francis

Daftar Calon Wakil Ketua Umum PSSI 
- Ahmad Riyadh

- Ahmad Syauqi Soeratno

- Andre Rosadi

- Azrul Ananda

- Doni Setiabudi

- Duddy S Sutandi

- Fary Djemy Francis

- Hasani Abdulgani

- Hasnuryadi Sulaeman

- Iwan Budianto

- Juni Ardianto Rachman

- Maya Damayanti

- Ratu Tisha Destria

- Sadikin Aqsa

- Yesayas Oktavianus

- Yunus Nusi

- Zainuddin Amali (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS