Jalan Tol Trans Sumatera Aman Dilewati Saat Mudik Lebaran

Yunike Purnama - Rabu, 27 April 2022 19:22
Jalan Tol Trans Sumatera Aman Dilewati Saat Mudik LebaranIlustrasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - H-5 Lebaran, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menelusuri Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Lampung hingga Palembang. Kegiatan ini sebagai upaya meninjau secara langsung seluruh pelayanan dan arus mudik yang berada di Pulau Sumatera, Rabu, 27 April 2022.

Di sela-sela kunjungan ini, Moeldoko ingin memastikan bahwa pelayanan mudik yang ada di JTTS tidak ada hambatan dan semua berjalan dengan lancar terutama terkait ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan toilet untuk pemudik di sekitar jalan tol sehingga apabila terjadi kemacetan dapat segera diantisipasi.

"Kami berharap pintu tol yang diprediksi akan mengalami lonjakan yang tinggi jangan sampai kekurangan tenaga, sisanya saya pantau untuk seluruh kesiapannya sudah dipersiapkan dengan matang," tutur Moeldoko dilansir dari Antara.

Moeldoko juga sempat melakukan peninjauan ke Rest Area KM 190 dan KM 234 yang berada di Ruas Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung. Moeldoko menyarankan Rest Area diharapkan dapat diisi dengan UMKM-UMKM sehingga secara ekonomi dapat dimanfaatkan dengan baik. 

"Alhamdulillah disini sudah terealisasi lebih dari 30 persen UMKM," ujar Moeldoko.

Diprediksi bahwa puncak arus mudik ini akan terjadi pada 29-30 April 2022 dimana pada tanggal tersebut sudah dimulai Cuti Bersama Lebaran Tahun 2022 sesuai arahan Pemerintah. "Dalam situasi ini kita harus responsive sehingga seluruh situasi harus dihadapi dengan cepat. Seperti kata Presiden, masyarakat sudah euforia sehingga harus disiapkan dengan detail kemungkinan yang muncul di lapangan dan solusinya," tambahnya.

Di sisi lain, Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan bahwa seluruh pelayanan mudik terkait mudik tahun 2022 ini telah siap dinikmati oleh seluruh pemudik yang ingin melintas.

"Seluruh pelayanan telah siap, berbagai strategi dalam mengantisipasi lonjakan trafik juga telah kami susun. Namun, seluruh masukan yang ada akan kami tampung dan tentunya akan menjadi acuan dalam pelayanan mudik ini terutama apabila terjadi lonjakan seperti yang telah diprediksikan," jelasnya.

Dikatakan, hingga saat ini Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di JTTS semakin meningkat. Rabu, 27 April 2022 pagi pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 3.918 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk JTTS, ujar Koentjoro.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. 

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Mudik Lebaran 2022Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS