Dua Ruas Baru Jalan Tol Trans-Sumatra Dibuka Saat Mudik

Eva Pardiana - Selasa, 26 April 2022 23:22
Dua Ruas Baru Jalan Tol Trans-Sumatra Dibuka Saat Mudik2 Ruas Baru Jalan Tol Trans Sumatra Bakal Dibuka Fungsional Saat Mudik Lebaran, Cek Informasinya/ Foto: Jasa Marga (sumber: null)

JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) (PTHK) mengoperasikan secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatra, yakni Jalan Tol Pekanbaru—Bangkinang sepanjang 31 kilometer (km) dan Jalan Tol Bengkulu—Taba Penanjung sejauh 17,6 km.

Pengoperasian fungsional diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau golongan I. Pembukaan jalan tol baru tersebut dilakukan untuk mendukung kelancaraan lalu lintas kendaraan dan dukungan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik menuju wilayah di sekitar kedua tol tersebut.

"Setelah melalui rangkaian uji laik fungsi (ULF), kedua ruas tol fungsional tersebut dibuka satu arah melalui arus mudik pada H-7 Lebaran pada Selasa, 26 April 2022, dan arus balik sampai H+7 pada Senin, 9 Mei 2022," kata manajemen Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Senin, 25 April 2022.

Kedua ruas tol akan dibuka selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 dengan imbauan pemudik memerhatikan kecepatan maksimum kendaraan yakni 60 km/jam.

Untuk arus mudik di Jalan Tol Pekanbaru—Bangkinang dibuka mulai pukul 08.00—16.00 WIB fungsional dari arah Pekanbaru menuju Bangkinang. Sementara pada arus balik dibuka bagi kendaraan dari Bangkinang ke arah Pekanbaru.  Kemudian untuk Jalan Tol Bengkulu—Taba Penanjung dibuka mulai pukul 09.00—17.00 WIB.

Untuk diketahui, selama mudik Lebaran 2022 jalan tol yang dibuka secara fungsional lainnya ialah Jalan Tol Jakarta—Cikampek II Selatan (Japek II Selatan) yang bisa digunakan oleh kendaraan kecil dengan jadwal pengoperasian yang juga sudah ditetapkan. (*) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 26 Apr 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS