Ini Cara Mendeteksi Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Freelance

Yunike Purnama - Kamis, 26 Januari 2023 08:59
Ini Cara Mendeteksi Penipuan Berkedok Lowongan Kerja FreelanceIlustrasi lamaran kerja (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Anda mungkin sudah membaca banyak artikel mengenai pro dan kontra bekerja secara freelance. Meski begitu, mungkin Anda menyukai pekerjaan lepas ini sehingga lebih memilih model pekerjaan freelance daripada full time.

Namun, ada baiknya jika Anda sekarang harus berhati-hati. Pasalnya, penipu sekarang tampak mengikuti perkembangan zaman dengan merambah dunia freelancer untuk menemukan calon korban mereka.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mendeteksi penipuan berkedok lowongan kerja freelance berikut ini.

Cara Mengetahui Job Freelance Asli atau Penipuan

1. Menolak Kontrak Kerja Tertulis

Jika klien Anda menolak menandatangani kontrak tertulis, hal itu bisa jadi sebuah tanda bahaya bagi Anda. Meski Anda mungkin akan terkadang akan berkompromi dengan persyaratan Anda sendiri, memiliki perjanjian kerja tertulis dapat melindungi Anda dari sebagian besar penipuan berkedok lowongan kerja freelance. Anda juga dapat menggunakan template kontrak freelance untuk membuatnya.

2. Memberikan Fee Lebih Tinggi dari Rata-rata

Semua pekerja lepas atau freelancer harus mengetahui nilai pekerjaan mereka dan menghindari mengambil job yang bergaji rendah. Namun, jika Anda mendapatkan tarif atau fee yang lebih tinggi dari range gaji rata-rata, ada baiknya jika Anda lebih berhati-hati. 

Bisa jadi, Anda justru tidak akan dibayar sama sekali. Oleh karena itu penting bagi para pekerja lepas untuk mengetahui tarif rata-rata untuk setiap layanan yang Anda tawarkan.

3. Meminta Anda Membayar Sebelum Bekerja

Jika klien meminta Anda untuk membayar sejumlah uang sebelum proyek dimulai, kemungkinan besar mereka sedang menipu Anda. Mereka mungkin juga akan meminta deposit agar Anda membayar untuk mengakses perangkat lunak tertentu.

4. Metode Pembayaran Tidak Dikenal 

Salah satu red flag lainnya yaitu klien bersikeras menggunakan metode pembayaran yang belum pernah Anda dengar. Untuk menghindarinya, Anda perlu melakukan riset, apakah harus dibayar melalui PayPal, cek, debit langsung atau transfer bank, dan sebagainya.

5. Meminta Sampel Gratis

Hasil sampel gratis memang tidak selalu scam. Ini bisa jadi cara yang bagus untuk memamerkan kualitas pekerjaan Anda untuk mendapatkan pekerjaan, terutama bagi Anda yang baru saja mulai. Namun, untuk mengetahui apakah hal itu scam atau tidak perhatikan apakah tugasnya terlalu rumit atau panjang, meminta sampel gratis lebih dari satu, dan meminta sampel gratis untuk proyek yang telah Anda tunjukkan keahliannya.(*)

Editor: Redaksi
Tags FreelanceBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS