Kuliah Pakar Poltekkes Kesuma Bangsa Bahas Teknik Pengolahan Data Penelitian Ilmu Rekam Medik

Yunike Purnama - Kamis, 19 Januari 2023 11:59
Kuliah Pakar Poltekkes Kesuma Bangsa Bahas Teknik Pengolahan Data Penelitian Ilmu Rekam MedikDalam proses penelitian, ketepatan dalam pengolahan data dapat menentukan hasil peneltian khususnya dalam bidang kesehatan. (sumber: Tangkapan layar zoom)

BANDAR LAMPUNG - Dalam proses penelitian, ketepatan dalam pengolahan data dapat menentukan hasil peneltian khususnya dalam bidang kesehatan. Teknik pengolahan data adalah suatu proses pengolahan data mentah agar menghasilkan sebuah informasi dan pengetahuan yang terukur.

Sebagai proses pembelajaran mahasiswa, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kesuma Bangsa menggelar kuliah pakar dengan mengundang pemateri yakni Reviewer Komite Etik Penelitian Kesehatan, Universitas Swadaya Gunung Jati, Uswatun Khasanah, S.Pd., M.Pd., M.KM.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kesuma Bangsa, M. Yusuf Kohar, S.E., M.M mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa dan dosen Prodi DIV Manajemen Informasi serta mahasiswa prodi lain Poltekkes Kesuma Bangsa pada umumnya. Harapanannya dengan kegiatan ini akan menghasilkan suatu karya ilmiah yang bermanfaat bagi poltekkes ini.

“Memang Acara ini sangat bermanfaat bagi kami dan terima kasih untuk pemateri dapat menyempatkan memberikan pembelajaran kepada kami, saya harap kepada mahasiswa dan dosen khususnya untuk Prodi DIV Manajemen Informasi Kesehatan dapat mengikuti dengan seksama agara kedepan ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat khususnya untuk kampus Poltekkes Kesuma Bangsa,” ucapnya.

Dalam paparannya, sebuah penelitian sendiri dapat diartikan sebagai cara menemukan suatu hal secara ilmiah dan logis dalam menentukan hasilnya, sehingga penelitian ilmiah akan memaparkan hasil yang apa adanya sesuai dengan keadaan nyata, bukan membuat penelitian tersebut menjadi seharusnya atau sesuai dengan kemauan diri sendiri.

“Penelitian adalah bagaimana menemukan suatu hal secara ilmiah, sistematis disni harus disepakati adalah hasil yang logis. Lalu mahasiswa juga harus tahu bahwa hakikat penelitian itu adalah sebagaimana adanya bukan sebagaimana seharusnya penelitian tersebut meskipun tidak sesuai secara teori,” katanya.

Lanjutnya, narasumber menyampaikan bahwa data memeiliki berbagai komponen pembangun, antara lain jenis data, sumber data, cara memperoleh data, dan skala data tersebut.

“Dalam materi ini, akan saya sampaikan berkaitan dengan dengan data dari jenisnya, sumbernya, cara memperoleh, dan skala dalam data tersebut. Jenis data terdiri dari dua yaitu kuantitatif dan kualitatif, sumber data bisa didapatkan dari internal maupun eksternal, disamping itu mahasiswa dapat memperoleh data secara primer maupun sekunder, dan terakhir skala dalam data tersebut,” ungkapnya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS