Hingga Desember 2022, Jasa Raharja Lampung Salurkan Klaim Santunan Kecelakaan Rp61,5 Miliar

Yunike Purnama - Kamis, 22 Desember 2022 18:09
Hingga Desember 2022, Jasa Raharja Lampung Salurkan Klaim Santunan Kecelakaan Rp61,5 MiliarKepala PT Jasa Raharja Cabang Lampung M. Zulham Pahe didampingi Kepala Bagian Oprasional Ahmad Arkan Nugraha saat pemaparan kinerja 2022 dalam media gathering pada Kamis, 22 Desember 2022. (sumber: Yunike Purnama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG - Seiring semakin longgarnya aktivitas masyarakat pascapandemi angka kecelakaan lalu lintas juga semakin meningkat. 

Tercatat hingga periode Desember 2022 PT Jasa Raharja Cabang Lampung membayar klaim santunan kecelakaan hingga Rp61,5 miliar atau meningkat dibandingkan periode Desember 2021.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Lampung M. Zulham Pahe mengatakan, pencapaian ini juga tidak terlepas dari peran media yang secara update memberikan informasi akurat terkait adanya kecelakaan lalu lintas di wilayah Lampung.

“Dengan relaksasi pelonggaran aktivitas masyarakat juga berdampak naiknya angka kasus kecelakaan lalu lintas,”papar Zulham saat media gathering di Bandar Lampung pada Kamis, 22 Desember 2022.

Ia menambahkan, jika dilihat dari jenis kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan adalah kendaraan roda dua hampir 70 persen dengan usia didominasi usia produktif (26-55 tahun).

Dari usia produktif ini yang kebanyakan adalah tulang punggung keluarga, sehingga akibat dari kecelakaan lalu lintas berdampak pada roda perekonomian keluarga kedepannya.

“Jika dilihat dari data nasional dalam setiap jam ada tiga orang meninggal dunia karena kecelakaan, sedangkan untuk di Lampung rata-rata dua orang meninggal setiap bulannya,”papar Zulham.

Kemudian faktor terbesar penyebab kecelakaan masih dari kelalaian manusia seperti tidak taat rambu lalu lintas hingga kondisi kesehatan tidak fit yang memaksakan tetap berkendara. Faktor lainnya penyebab kecelakaan bisa dari infrastruktur jalan, cuaca hingga faktor kendaraan.

Peningkatan Sistem Layanan

Sebagai pelaksana jaminan perlindungan dasar kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan, PT Jasa Raharja Cabang Lampung siap melayani seluruh masyarakat khususnya di Provinsi Lampung secara maksimal.

Sampai dengan Desember 2022 ini Kecepatan pembayaran Santunan Kecelakaan adalah 1 hari 5 jam dengan speed berkas selama 10 menit dan sudah bekerja sama dengan seluruh rumah sakit dibawah naungan kementerian kesehatan.

Persiapan Nataru 2023

PT Jasa Raharja Cabang Lampung sudah berkordinasi dengan seluruh stakeholder mulai dari Kepolisian, Dinas Perhubungan dan PT ASDP dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pada momen tersebut Jasa Raharja ikut berkontribusi dengan memonitoring dan memaksimalkan pelayanan jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga melakukan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan, seperti memberikan sarana dan prasarana untuk mitra dalam bertugas, berikan layanan kesehatan gratis di pelabukan Bakauhueni hingga banner himbauan disetiap titik perjalanan untuk menghimbau pengendara untuk tetap berhati-hati,” tutup Zulham. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS