GoTo Resmi Mulai Periode Penawaran Umum Saham

Yunike Purnama - Kamis, 31 Maret 2022 10:07
GoTo Resmi Mulai Periode Penawaran Umum SahamIlustrasi logo GoTo (sumber: Ist)

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) melaksanakan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering) atau IPO setelah mendapat persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nilai IPO saham yang ditawarkan kepada investor senilai Rp 15,8 triliun atau USD 1,1 miliar.

Nilai ini menjadikan IPO GoTo sebagai IPO terbesar ketiga di Asia serta kelima di dunia sepanjang tahun 2022 ini. GoTo menawarkan sebanyak 46,7 miliar saham baru Seri A, yang merupakan gaungan antara saham baru yang diterbitkan dan saham tresuri (untuk opsi penjatahan lebih).

“Harga IPO telah ditetapkan di atas kisaran, yaitu Rp 338 per saham. Masa penawaran umum saham akan berlangsung mulai 1 – 7 April 2022,” ujar CEO Grup GoTo Andre Soelistyo dalam keterangan resmi pada Kamis, 31 Maret 2022.

Pencatatan di Papan Utama BEI dengan kode saham GoTo dijadwalkan pada 11 April 2022. Andre merasa bersyukur setelah melihat tanggapan positif para investor yang tetap bertahan di tengah gejolak ekonomi makro dan pasar global.

Andre melanjutkan, memasuki pasar dalam kondisi saat ini menjadi bukti potensi jangka panjang bisnis GoTo, sehingga menguatkan neraca perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham. Pasar modal Indonesia memiliki ketangguhan dan kapasitas untuk mendukung pencatatan dengan skala sebesar ini, sehingga memimpin pasar lain di seluruh dunia.

“Sebagai pemimpin pasar di Indonesia, dengan ekosistem yang dapat melayani dua per tiga konsumsi rumah tangga, kami bangga dapat mengibarkan bendera mewakili sektor teknologi Indonesia. Kami terus mendorong pertumbuhan bisnis kami di salah satu kawasan paling menjanjikan di dunia,” katanya.

Respon positif dari investor dan manajer investasi

Salah satu penjamin pelaksana emisi efek, Direktur Utama Indo Premier Sekuritas Moleonoto The, mengatakan respons positif para manajer investasi yang berbasis di Indonesia dan memiliki horizon investasi jangka panjang menunjukkan fundamental kuat GoTo.

“Ini menjadi langkah awal yang baik dalam memulai perjalanan sebagai perusahaan terbuka. Kemampuan GoTo untuk mencapai valuasi sungguh mencerminkan nilai dan keunggulan perusahaan,” pungkasnya.

Kemampuan GoTo menunjukkan kinerja bisnis dan dampaknya terhadap masyarakat Indonesia. Moleonoto mengaku bangga menjadi bagian dalam perjalanan IPO paling signifikan di dunia sepanjang tahun ini.(*) 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS