Fitur Google Profil Bisnis Bantu UKM Pasarkan Produk di Online

Yunike Purnama - Kamis, 16 Juni 2022 07:35
Fitur Google Profil Bisnis Bantu UKM Pasarkan Produk di OnlineIlustrasi Google (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG – Saat ini banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ingin memperluas pasar di digital namun mereka belum memiliki sumber daya untuk memulainya.

Mereka membutuhkan alat yang efektif untuk membangun kehadiran bisnis mereka di online. Merespon kebutuhan itu, Google menghadirkan Google Profil Bisnis yang membantu menyajikan informasi bisnis di Google Search dan Maps saat pelanggan menelusuri produk atau layanan mereka.

Pebisnis bisa memverifikasi, dan mengedit profil mereka di Maps dan Google Search. Jika memerlukan bantuan untuk memulai, situs Grow with Google menyediakan sumber pelatihan online gratis untuk belajar kemampuan digital dan mulai menggunakan alat-alat digital.

Sejak 2015, Google telah melatih lebih dari 2 juta UKM di Indonesia melalui kombinasi antara pelatihan langsung dan program pelatihan digital, seperti Gapura Digital dan Women Will.

Google Profil Bisnis membantu pebisnis UMKM dalam hal-hal berikut:

1. Memberikan info dan menunjukkan identitas seperti nomor telepon, jam buka, kebijakan kesehatan dan keamanan serta Logo, gambar & foto.

2. Menunjukkan produk atau layanan seperti info produk, layanan, dan harga serta Penawaran dan promo special.

3. Menambahkan fitur dan atribut, fitur aksesibilitas untuk semua kalangan.

4. Terhubung dengan pelanggan seperti tanya jawab, ulasan, real-time chat, pemesanan, dan permintaan penawaran harga.

Cara kerja Ulasan di Google

Ulasan di Google ditulis oleh dan untuk pelanggan untuk membantu orang menemukan tempat dan bisnis yang mungkin menarik bagi mereka, dengan informasi seperti apakah sebuah restoran memiliki opsi vegan atau apakah mereka cocok untuk anak-anak. 

Bagi pebisnis, ulasan ini memungkinkan mereka mendengar dan menanggapi masukan pelanggan secara langsung. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS