Dukung Jatim Bebas Stunting, Malam Amal PTPN I Regional 4 Peroleh Donasi Rp104 Juta

Eva Pardiana - Rabu, 07 Agustus 2024 08:26
Dukung Jatim Bebas Stunting, Malam Amal PTPN I Regional 4 Peroleh Donasi Rp104 JutaDukung Jatim Bebas Stunting, Malam Amal PTPN I Regional 4 Peroleh Donasi Rp104 Juta (sumber: PTPN I Regional 4)

SURABAYA – Pemerintah Indonesia menargetkan prevalensi stunting dapat turun hingga 14 persen di tahun 2024 melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Sementara itu, prevalensi stunting Provinsi Jawa Timur di tahun 2023 masih berada di angka 17,7 persen. Maka, masih dibutuhkan sekitar 3,7 persen untuk Jawa Timur dapat mencapai target nasional pada tahun 2024.

Sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab terhadap penanganan dan penurunan stunting di Provinsi Jawa Timur, PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) Regional 4 mengambil langkah inisiatif melalui penyelenggaraan malam amal bertajuk “Merdeka dari Stunting, Generasi Emas Tanggungjawabmu Juga” bertempat di Gedung HVA, Kantor Regional 4 PTPN I, Rabu (24/7/2024) lalu.

“Kami sadar pengentasan stunting membutuhkan dukungan dari semua pihak. Maka melalui acara malam amal ini, mari bersama-sama kita mengambil peran untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting menjadi 14 persen di tahun 2024,” ungkap Subagiyo, Region Head PTPN I Regional 4.

Subagiyo pun menegaskan bahwa persoalan stunting bukan hanya mengenai kesehatan, melainkan juga perihal masa depan generasi emas.

“Sesuai dengan tema acara kali ini, bahwa persoalan stunting hakikatnya bukan persoalan kesehatan semata. Lebih dari itu, jika pengentasan stunting berhasil dilakukan sedini mungkin, maka sama halnya dengan kita telah menyelamatkan masa depan generasi emas, generasi penerus negeri ini,” imbuhnya.

Menampilkan hiburan musik yang juga berasal dari kolaborasi antar karyawan PTPN I Regional 4, melalui acara malam amal tersebut, total donasi dapat terkumpul hingga Rp104 juta. Subagiyo pun mengaku hal tersebut cukup berada di luar ekspektasinya.

“Alhamdulillah, ini di luar ekspektasi kami. Ternyata, melalui acara yang kami selenggarakan dengan disiarkan secara langsung melalui kanal media sosial, berhasil memantik antusiasme karyawan secara khusus dan masyarakat secara umum untuk bersama-sama berdonasi menangani stunting di Indonesia, khususnya di Surabaya - Jawa Timur,” ungkap Subagiyo.

Sebagai bentuk penguatan sinergitas dan transparansi, donasi kemudian disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur pada Kamis (1/8/2024).

Subagiyo pun berharap melalui donasi tersebut, akan dapat memberi dampak secara langsung dalam pencegahan dan penanganan stunting khususnya di area wilayah kerja PTPN I Regional 4 dengan prevalensi stunting yang notabene masih tinggi seperti Probolinggo sebesar 35,4 persen, Lumajang 29,9 persen dan Jember 29,7 persen.

Ketua BAZNAS Jatim, Prof. KH. Ali Maschan Moesa pun turut hadir dan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PTPN I Regional 4.

“Terima kasih kami sampaikan kepada PTPN I Regional 4 yang telah berkenan menyampaikan amanahnya melalui BAZNAS. Telah kami terima dana donasi sebesar 104 juta rupiah yang insyaAllah nanti akan kita salurkan kepada penerima program stunting di provinsi Jawa Timur, khususnya di area sekitar wilayah kerja PTPN I Regional 4. Mudah-mudahan ini akan menjadi kebaikan yang akan mengalir bagi PTPN I Regional 4,” ujar Ali ketika ditemui di kantor Baznas. (*)

Bagikan

RELATED NEWS