Digital Journey Asuransi Astra, Raih Penghargaan Best Digital Brand Awards 2022

Yunike Purnama - Kamis, 08 Desember 2022 20:33
Digital Journey Asuransi Astra, Raih Penghargaan Best Digital Brand Awards 2022Asuransi Astra berhasil meraih Best Digital Brand Awards 2022 dalam kategori asuransi, penghargaan ini diterima oleh Teddy Suryawan selaku Chief Digital Officer Asuransi Astra. (sumber: Asuransi Astra )

JAKARTA - Perkembangan teknologi yang kian hari semakin pesat mendorong perubahan perilaku masyarakat menjadi serba digital. Perusahaan terpacu untuk melakukan gebrakan transformasi bisnisnya terutama pada aspek komunikasi hingga pemasaran ke digital base demi dapat lebih menjangkau para konsumen dan memenuhi kebutuhannya.

Konsisten melakukan peralihan era digital dan mengembangkan produk dan layanan melalui digital journey sejak tahun 2015 hingga kini, Asuransi Astra berhasil meraih Best Digital Brand Awards 2022 dalam kategori asuransi. Penghargaan ini diterima oleh Teddy Suryawan selaku Chief Digital Officer Asuransi Astra secara offline.

Best Digital Brand Award 2022 yang diselenggarakan oleh Zeals Asia dan Metro TV sebagai media partner utama merupakan penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang berhasil melakukan digital marketing sehingga berdampak positif terhadap kinerja sebuah brand, baik dari peningkatan awareness, pangsa pasar maupun peningkatan loyalitas pelanggan.

Digital Brand Award melibatkan ratusan merek dan puluhan kategori dengan melakukan dua pengukuran, yaitu, Brand monitoring menggunakan platform oleh Zeals Asia yang didasarkan pada indeks sentimen pembicaraan tinggi di kategorinya dan penjurian di mana tim melakukan presentasi dan dinilai secara langsung oleh tim juri yang terdiri dari dosen marketing, praktisi digital, dan praktisi periklanan. Parameter yang diukur adalah website & social media, channel pemasaran online, infrastruktur layanan digital, dan digital campaign.

Asuransi Astra senantiasa berinovasi mengembangkan dan meningkatkan produk dan layanannya dengan menyesuaikan trend hingga perubahan permintaan pasar dan perilaku masyarakat agar selalu dapat memberikan peace of mind.

Melalui digital journey yang telah tergerak sejak tahun 2015, Asuransi Astra meluncurkan beragam inovasi guna memberikan kemudahan kepada para pelanggan setia dan masyarakat seperti Garda Mobile Otocare sebagai partner berkendara yang memudahkan proses klaim cukup dengan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan melalui fitur e-claim, melakukan upgrade polis secara online hingga pemantauan hasil perbaikan kendaraan.

Selain itu, Asuransi Astra juga meluncurkan terobosan lainnya yaitu Garda Mobile Medcare dalam bidang kesehatan yang memiliki fitur-fitur eksklusif bagi para pelanggan yang ingin melakukan proses konsultasi, pengiriman obat hingga reimbursement yang dilakukan secara online dan cashless. Dalam kedua aplikasi tersebut, hadir chatbot cerdas GarXia yang dapat melayani pelanggan dengan cepat di mana pun dan kapan pun serta produk dan layanan lainnya yang telah dikembangkan demi memberikan kemudahan para pelanggan setia dari proses pembelian asuransi hingga proses klaim untuk perlindungan maksimal.

Pada tahun 2021, Asuransi Astra kembali meneruskan perjalan digitalnya melalui peluncuran produk asuransi kesehatan rawat jalan perorangan, Garda Healthtech yang memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh dengan kemudahan akses dalam melakukan konsultasi dengan dokter umum dan spesialis secara online hingga penebusan obat yang telah diresepkan dokter.

Berlanjut ke tahun 2022, Asuransi Astra berhasil meluncurkan fitur terbaru pada Garda Mobile Medcare melalui E-appointment diberbagai rekanan provider Garda Medika yang dapat dijadikan solusi bagi para pelanggan dalam membuat appointment pendaftaran rawat jalan di rumah sakit tanpa perlu mengantre pada counter rawat jalan hingga proses pembayaran dan penebusan obat yang dapat dilakukan secara cashless secara langsung.

Selain fitur E-appointment, fitur-fitur kemudahan dan kenyamanan lainnya untuk pelanggan Garda Medika juga telah hadir seperti E-claim hingga E-consultation. Pelanggan Garda Medika dengan hanya menunjukkan e-card yang ada pada Garda Mobile Medcare dapat secara langsung menjalani proses rawat jalan dan rawat inap hingga penebusan obat secara cashless di lebih dari 3.000 jaringan provider rumah sakit dan klinik yang bersinergi dengan Garda Medika yang tersebar di Indonesia.

Asuransi Astra menyadari bahwa peranan media sosial dalam digital marketing memiliki kaitan erat untuk meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan. 

Dalam strategi media sosial, Asuransi Astra berupaya untuk mengembangkan bisnis dengan memberikan pengalaman responsif serta interaktif bagi pelanggan dan berbagi informasi melalui postingan dengan topik seputar asuransi, keuangan hingga umum sebagai bentuk edukasi dan literasi kepada para pelanggan dan masyarakat. 

Asuransi Astra dan Garda Oto memiliki akun digital aktif seperti Instagram @asuransiastra & @garda.oto, Youtube Asuransi Astra, Facebook Asuransi Astra & Garda Oto, dan Twitter @_AsuransiAstra & @GardaOto dan website asuransiastra.com dan gardaoto.com.

“Perubahan terjadi setiap harinya baik kecil maupun besar dan kita perlu merangkul perubahan tersebut, bukan menghindarinya. Kami percaya pada setiap perubahan tersebut, ada peluang luar biasa dalam mengembangkan pengetahuan. Sekecil apapun perubahan, kami senantiasa mengasah kemampuan agar dapat beradaptasi dengan meningkatkan kualitas untuk produk dan layanan demi memenuhi segala kebutuhan dan keinginan pelanggan. Karena memberikan peace of mind bagi pelanggan dan masyarakat adalah visi kami,” ujar Teddy. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS