Catat! Berikut Syarat Angkutan Motor Gratis dari KAI untuk Pemudik

Eva Pardiana - Senin, 25 April 2022 17:56
Catat! Berikut Syarat Angkutan Motor Gratis dari KAI untuk Pemudik Visualisasi kereta milik PT KAI. Sumber, Kai.id (sumber: Brankas foto Trenasia)

JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia menyediakan kouta Angkutan Motor Gratis (Motis) sebanyak 9.280 unit. Pendaftaran Motis sudah dimulai sejak 22 April sampai 8 Mei 2022. Waktu pelaksanaan Angkutan Motis ini akan dimulai pada 26 April—09 Mei 2022. Adapun ketentuan dan daftar relasi perjalanan kereta api sebagai berikut. 

Daftar relasi perjalanan KA yang dapat dibeli oleh para peserta Motis yaikni Relasi Pasar Senen—Semarang Tawang (PP) dan Relasi Pasar Senen—Purwosari (PP)

Adapun syarat untuk pembelian tiket Motis sebagai berikut.
1. Hanya berlaku bagi peserta Motis. 
2. Satu motor berlaku untuk maksimal tiga tiket. 
3. Tiket penumpang berlaku sesuai relasi dan tanggal yang sama sesuai dengan perjalanan motis. 
4. Periode keberangkatan 26—30 April dan arus balik pada 5—9 Mei 2022
5. Pembelian langsung di seluruh stasiun yang melayani Motis (Stasiun Jakarta Gudang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Lempuyangan, Klaten, dan Purwosari)
6. Tiket yang sudah dibeli tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal. 

Salah satu persyaratan lain untuk mengikuti program Motis adalah dengan menunjukkan tiket kereta, bus, atau travel. Dengan begitu, para calon peserta Motis dapat langsung membeli tiket kereta api dan mendaftarkan motornya untuk dikirimkan ke stasiun tujuan selama kuota untuk rute yang diinginkan masih tersedia.

“KAI mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program angkutan motor gratis dan angkutan penumpang khusus peserta Motis agar bisa mengurangi penggunaan kendaraan roda dua untuk perjalanan mudik,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus yang dikutip dari situs resmi PT KAI pada Senin, 25 April 2022.

Sampai dengan 22 April 2022 sebanyak 1.632 peserta Motis yang telah mendaftar. Adapun tanggal favorit untuk angkutan Motis yaitu 27, 29, dan 30 April 2022 dengan relasi favorit Kutoarjo, Semarang Tawang dan Lempuyangan. (*) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Desi Kurnia Damayanti pada 25 Apr 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS